Hino Komentari Surat Tantangan dari Mitsubishi Fuso

Berita Otomotif

Hino Komentari Surat Tantangan dari Mitsubishi Fuso

JAKARTA – Hino mengaku akan terus mempertahankan pelayanan purnajual mereka untuk menghadapi ‘surat tantangan’ dari Mitsubishi Fuso.

Mitsubishi Fuso pada awal tahun ini mengumumkan target meraih pangsa pasar lebih dari 50 persen di pasar truk nasional pada 2020, dari sekitar 45 persen pada 2017. Hal ini digapai dengan memperbesar volume penjualan maupun pangsa pasar mereka di segmen truk menengah (medium duty truck/MDT) dari 18,6 persen di 2017 menjadi 25 persen pada 2020 yang notabene dikuasai oleh Hino.

Hino pun menanggapi dingin ambisi dari sang penantang sesama merek Jepang yang digdaya di segmen truk ringan (light  duty truck/LDT) itu. Menurut Hino, yang menguasai sekitar 60 persen segmen MDT pada 2017, strategi saat ini sudah bagus dan bakal terus dijalankan.

“Strategi kami sekarang menurut saya sudah bagus. Terpenting adalah suplai yang benar untuk  semua hal. Suplai produk tepat dan on-time, juga suplai suku cadang yang baik,” ujar Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT. Hino Motors Sales Indonesia menanggapi pertanyaan Mobil123.com pada pertengahan pekan ini di Jateka, Tangerang.

Menurut Santiko, aspek terpenting dari strategi di sektor kendaraan komersial adalah purnajual, selain daya tahan produknya. Hino sendiri terus mempertahankan layanan purnajual kepada konsumen dengan filosofi ‘Total Support’.

“Bicara truk adalah bicara produk itu kuat atau tidak. Durabilitasnya bagaimana, kemudian pelayanan purnajual bagaimana, sebaik apa logistiknya. Karena kendaraan ini untuk kerja (bisnis). Mereka membeli mahal-mahal, yang naik  kendaraan juga sopir-sopir mereka, bukan mereka. Mereka hanya membayar. Jadi bagaimana agar kendaraan dan bisnis bekerja seoptimal mungkin,” papar dia lagi.

Indonesia merupakan pasar terbesar kedua Hino secara global pada periode Januari – Oktober 2018. Indonesia hanya kalah dari Jepang, yang volume penjualannya lebih besar 25 persen.

Indonesia unggul dari Thailand dengan penjualan hampir dua kali lipat. Setelah Thailand, ada Australia di peringkat keempat. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar