Mitsubishi Ingin Bikin Stasiun Pengecasan Mobil Listrik di Mal-Mal

Berita Otomotif

Mitsubishi Ingin Bikin Stasiun Pengecasan Mobil Listrik di Mal-Mal

JAKARTA – Mitsubishi akan ikut membangun jaringan stasiun pengecasan daya cepat mobil listrik di Indonesia. Setelah Plaza Senayan (PS), mal-mal lain menjadi target utama.

Sekadar mengingatkan, pada 2021 Indonesia akan memasuki era mobil listrik. Pasalnya, pada tahun itu, insentif-insentif bagi mobil listrik dari mulai yang berteknologi hybrid, plug-in hybrid (PHEV), sampai mobil listrik murni yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 serta Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 mulai berlaku.

Berkaitan dengan ini, Mitsubishi mendirikan fasilitas pengecasan mobil listrik di Plaza Senayan, Jakarta yang sementara ini baru bisa digunakan para pemilik Outlander PHEV secara gratis. Ini merupakan stasiun pengisian daya mobil listrik pertama yang mereka dirikan di area publik dan peresmian sudah berlangsung pada Selasa (27/11/2019).

“Ini langkah pertama kali memasang fasilitas tersebut di area publik. Ke depannya kami akan memperluas lagi jaringan pengecasan melalui kolaborasi dengan pihak lain,” ucap Yuta Yamashita, PHEV Task Force Team Leader PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam konferensi pers di hari peresmian.

Selain di Plaza Senayan, merek berlogo tiga berlian itu sebelumnya telah mendirikan sarana dan prasarana serupa di 15 titik lain. Akan tetapi, tempatnya relatif privat karena terletak di 14 dealer kendaraan penumpang di Jawa plus Bali maupun kantor pusat Mitsubishi di Pulomas, Jakarta.

“Untuk tahun fiskal 2019 ini 16 titik dulu. Di tahun-tahun selanjutnya kami akan melihat segala opsi yang ada untuk mengembangkan jaringan,” ujar Yamashita.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, mengatakan Mitsubishi bakal mengutamakan mal sebagai lokasi stasiun pengecasan daya cepat mobil listrik mereka. Pertimbangannya adalah kenyamanan.

“Kami nantinya fokus di pusat perbelanjaan karena di lokasi ini konsumen bisa melakukan pengisian daya cepat dengan nyaman. Tapi kami tidak membatasi diri membangun di situ saja. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pun memungkinkan.

“SPBU juga salah satu lokasi yang baik dan cukup nyaman. Kami akan pelajari kemungkinan-kemungkinan yang ada,” pungkasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar