BMW Sediakan Fasilitas Pengecasan Mobil Listrik di SPBU Pertamina Kuningan

Berita Otomotif

BMW Sediakan Fasilitas Pengecasan Mobil Listrik di SPBU Pertamina Kuningan

JAKARTA – BMW turut menyediakan fasilitas pengecasan bagi mobil-mobil hybrid dan listrik mereka, i Wallbox Plus, di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan.

Wallbox Plus merupakan fasilitas standar untuk BMW i serta iPerformance, sub-brand pabrikan asal Jerman ini khusus untuk mobil hybrid atau listrik. BMW menaruh i Wallbox Plus sebagai satu dari empat fasilitas pengisian daya mobil listrik di SPBU Pertamina 31.129.02 di Kuningan. SPBU ini sendiri menjadi pilot project Green Energy Station yang diresmikan pada Senin (10/12/2018).

Penempatan satu i Wallbox Plus merupakan salah satu wujud kerja sama pengembangan ekosistem kendaraan listrik antara BMW dengan Pertamina yang diumumkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. i Wallbox Plus dipasang dengan konfigurasi 3 phase 22kW dan dapat diaktifkan dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID).

BMW mengklaim sebagai perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang menjual mobil listrik berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Seteru abadi Mercedes-Benz ini, pada 2016, meluncurkan BMW i8 Coupe dalam pameran GIIAS.

Mereka melanjutkannya dengan mengaspalkan i8 Roadster pada 2018 di pameran yang sama. BMW telah pula membangun dua dealer yang mendukung layanan purnajual maupun servis kendaraan listrik yaitu BMW Astra Serpong dan BMW Tunas Tebet.

“Untuk mendorong kesiapan kendaraan listrik, BMW Group Indonesia berikan dukungan kepada Pertamina melalui informasi mendalam seputar teknologi kendaraan listrik, pengalaman BMW Group dalam mengimplementasikan charging grid di negara lain, uji coba manfaat dan biaya operasional kendaraan listrik, hingga menyediakan BMW i Wallbox Plus di Pertamina Green Energy Station,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

BMW sebenarnya memiliki divisi khusus untuk pengembangan serta komersialisasi jaringan pengisian energi mobil listrik. Sejauh ini, pabrikan yang bermarkas di Munich tersebut sudah menyebar i Wallbox Plus hingga 120 ribu titik di lebih dari 30 negara.

i Wallbox Plus juga akan diberikan kepada para konsumen BMW i atau iPerformance secara gratis. Instalasinya di rumah pelanggan pun dilakukan dengan biaya yang berasal dari BMW sepenuhnya.

Instalasinya dapat disesuaikan dengan kapasitas listrik rumah dan kebutuhan kendaraan melalui konfigurasi 1 phase 7,4kW hingga 3 phase 22kW. i Wallbox Plus generasi terbaru memiliki dimensi 40 persen lebih kompak dan waktu pengisian kembali 70 persen lebih cepat dibandingkan pendahulunya, pun memiliki fitur keamanan tambahan dengan penggunaan teknologi RFID. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar