Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Bisa Saling Memakan

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Bisa Saling Memakan

DEPOK – Mitsubishi Motors mengakui kemungkinan Xpander dan Xpander Cross bisa ‘saling memakan’. Meski demikian, irisannya mereka yakini sedikit.

Sekadar mengingatkan, Xpander Cross baru saja meluncur pada 12 November 2019 di Jakarta dengan harga mulai Rp 267,7 juta sampai Rp 286,7 juta on-the road Jakarta untuk tiga tipe yang tersedia. Xpander Cross memiliki gaya yang makin mirip sebuah sport utility vehicle (SUV) lagi dibandingkan pendahulunya, Xpander.

Xpander sendiri merupakan produk yang unik. Model yang meluncur pada Agustus 2017 ini menyasar pasar low multi purpose vehicle (LMPV), tapi mempunyai desain serupa SUV. Dalam wawancara pada Agustus 2019 di Indramayu, Jawa Barat, eksekutif Mitsubishi bahkan menyebut Xpander mampu merayu juga konsumen di segmen low SUV yang berisi Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Lebih lanjut, Irwan Kuncoro, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengakui Xpander serta Xpander Cross bisa saling memakan. Adapun yang berpotensi termakan pada Xpander adalah tipe Ultimate sebagai tipe termewah dengan banderol Rp 265,1 juta on-the-road Jakarta.

“Mungkin akan terjadi yang kami istilahkan ‘kanibal’ karena beberapa permintaan dari Xpander Ultimate akan pindah ke Xpander Cross. Itu enggak bisa dihindari,” ucapnya usai seremoni pembukaan dealer kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Lenteng Agung, Depok pada Senin (18/11/2019).

Akan tetapi, Irwan tetap meyakini bahwa secara total Xpander Cross akan menambah penjualan model-model dalam ‘keluarga Xpander’. Aksi saling makan-memakan tidak bakal menghambat penjualan secara keseluruhan.

“Justru nanti akan terbentuk dengan sendirinya, mana konsumen yang lebih ke MPV, mana yang lebih mahal lagi (Xpander Cross). Xpander Cross menambah, memperluas pasar karena ini, kan, crossover, kombinasi antara MPV dengan SUV. Karena itu Xpander Cross kami targetkan juga bisa mempenetrasi pasar SUV, khususnya low SUV,” papar dia lagi.

Irwan mengaku, pihaknya masih menghitung jumlah Surat Pemesanan (SPK) yang mampu dikumpulkan Xpander Cross. Pasalnya, peluncuran resmi baru berjalan sepekan dan mereka masih akan mengadakan peluncuran di daerah-daerah.

“Lagi kami hitung. Nanti pada akhir bulan kami informasikan. Soalnya, kan, baru berjalan,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar