Mitsubishi Punya Fasilitas Pengecasan Mobil Listrik di Plaza Senayan

Berita Otomotif

Mitsubishi Punya Fasilitas Pengecasan Mobil Listrik di Plaza Senayan

JAKARTA – Mitsubishi membangun fasilitas pengecasan daya cepat mobil listrik di Plaza Senayan, Jakarta yang untuk sementara ini masih dikhususkan bagi Outlander PHEV.

Fasilitas yang berdiri berkat kerja sama dengan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) plus Plaza Senayan tersebut diresmikan pada Selasa (26/11/2019). Yuta Yamashita, PHEV Task Force Team Leader PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan di awal kehadirannya infrastruktur ini hanya diperuntukkan bagi para pemilik Outlander PHEV secara gratis.

Stasiun pengecasan daya cepat Mitsubishi mempunyai dua socket. Satu merupakan socket bertipe AC untuk pengisian bertempo lambat, sedangkan satu lagi bertipe CHAdeMO (DC) yang mampu mengisi 0 – 80 persen hanya dalam 25 menit.

“Sejauh ini hanya untuk konsumen Mitsubishi saja. Salah satu alasan kami membangunnya di sini adalah menyokong mereka dan hingga kini kami juga belum bisa menjual listrik berdasarkan hukum yang berlaku. Kalau peraturan itu berubah, kami akan menjualnya dan mengenakan tariff,” ucap dia dalam konferensi pers.

Sebagai informasi, Indonesia akan memulai era mobil listrik pada 2021. Ini dicetuskan lewat 17 insentif dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang terbit beberapa waktu lalu, dilanjutkan dengan aturan mengenai Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dalam Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019.

Stasiun pengecasan daya cepat mobil listrik Mitsubishi di Plaza Senayan, tambah Yamashita, merupakan fasilitas untuk publik pertama yang mereka dirikan. Ini merupakan langkah awal untuk melakukan proyek serupa di masa depan.

Sebagai informasi, Outlander PHEV merupakan satu-satunya mobil listrik milik Mitsubishi di Indonesia hingga sekarang. Model itu meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada Juli kemarin di Serpong, Tangerang dan mengusung teknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

Mitsubishi di momen yang sama meluncurkan pula Start Now Project. Proyek ini bertujuan untuk membentuk masyarakat mobil listrik di Tanah Air.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, mengatakan pihaknya ingin ikut mengembangkan pasar serta industri mobil listrik di Nusantara. Untuk melakukan itu, meluncurkan produk saja tak cukup.

Pembangunan dan pemerataan infrastruktur juga amat diperlukan. Mitsubishi secara total telah memiliki 16 titik stasiun pengecasan cepat mobil listrik dan hampir semua berada di dealer mereka di Jawa serta Bali.

Sebanyak 12 ada di dealer kami di Jabodetabek dan dua lainnya di dealer Bali. Adapun satu titik lainnya di kantor MMKSI di Pulomas, Jakarta.

“Ke depannya, kami akan berkolaborasi dengan beberapa pihak lain guna lebih memperluas wilayah infrastruktur quick charger,” tandasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar