Ini Tantangan untuk Indomobil Bila Mau Rakit Kia Secara Lokal

Berita Otomotif

Ini Tantangan untuk Indomobil Bila Mau Rakit Kia Secara Lokal

JAKARTA – Indomobil Group menegaskan bahwa pihaknya masih belum bisa merakit Kia langsung di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur PT Indomobil Sukses International di sela-sela peluncuran Kia Seltos. Hal ini karena Kia bisa dibilang baru terlahir kembali setelah sebelumnya sempat vakum dari Indonesia dan belum mendapatkan volume penjualan yang cukup.

“Mau tidak mau (harus CBU). Tidak mungkin kami langsung memproduksi kendaraan tanpa volume (penjualan). Untuk bisa CKD, perlu volume sedikitnya 30.000 unit. Jadi kami harus punya volume dulu baru memikirkan CKD, kalau tidak ya tak mungkin,” tegasnya.

Meski demikian, bukan tidak mungkin bila Kia dirakit langsung di Indonesia. Pasalnya, Indomobil memiliki beberapa pabrik kendaraan yang bisa dimanfaatkan sebagai pusat perakitan kendaraan Kia di masa depan.

“Kami kan punya pabrik, tidak ada masalah. Tapi sekali lagi, kami harus punya volume terlebih dahulu. Jadi sementara ini impor CBU dulu,” tambahnya kemudian.

Diambil alih Indomobil Group

Indomobil Group resmi menjadi APM Kia di Indonesia. Proses peralihan dilakukan mulai bulan Maret dan pada bulan November 2019, Indomobil Group mulai menjual Kia melalui anak perusahaannya yaitu PT Kreta Indo Artha.

“Indomobil dipercaya oleh Kia Motors Corporation (KMC) untuk mengembangkan merk Kia di Indonesia, lengkap dengan layanan purna jualnya. Rencananya ke depan, Indomobil melalui PT Kreta Indo Artha akan menghadirkan produk-produk terbaru dan mengembangkan fasilitas serta meningkatkan kualitas layanan purna jual,” tambah Jusak.

Hingga saat ini, Kia telah memiliki 24 dealer 2S dan 3S di Jawa, Bali dan Sumatera. Sebagian dari dealer-dealer tersebut merupakan peralihan dari dealer Renault yang telah lepas dari Indomobil Group tahun lalu. Dan mereka juga langsung melansir SUV terbaru Kia Seltos yang dipasarkan dengan harga mulai Rp 295 juta. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar