Honda Tutup Pabrik yang Memproduksi Civic Type R pada 2021

Berita Otomotif

Honda Tutup Pabrik yang Memproduksi Civic Type R pada 2021

SWINDON – Honda akan menutup satu-satunya basis produksi Civic Type R di Swindon, Inggris dan hingga kini belum menyebut ke mana perakitannya bakal pindah.

Honda Motor Corporation (HMC), melalui situs resmi mereka baru-baru ini, mengumumkan rencana menutup pabrik Swindon pada 2021. Alasannya adalah ‘restrukturisasi manufaktur global’ demi mengakselerasi proses elektrikasi kendaraan-kendaraan mereka.

Nantinya, aktivitas tersebut akan dipusatkan pada region-region dengan volume produksi tinggi. Tidak disebutkan apakah langkah ini juga terkait dengan rencana Inggris keluar dari Uni Eropa (British Exit/Brexit), tapi juru bicara Honda di sana kepada Motor Authority kemudian menegaskan kedua hal ini tidak terkait dan momentumnya saja yang kebetulan berdekatan.

Katshushi Inoue, Chief Officer for European Regional Operations HMC and President of Honda Europe, mengatakan akselerasi strategi elektrifikasi sangat penting mereka lakukan demi menyikapi perubahan yang tidak pernah terjadi di industri otomotif sebelumnya. Sesuai dengan kepentingan itu, struktur operasi global harus dirombak.

“Sebagai dampaknya, kami mesti mengambil keputusan sulit untuk pemberhentian tenaga kerja di lokasi-lokasi tertentu demi mempersiapkan jaringan manufaktur di masa depan. Kami tidak menganggapi ini dengan enteng dan kami sangat menyesal harus mengumumkan ini,” ujarnya.

Pabrik Honda Swindon mempunyai volume produksi 150 ribu unit per tahun. Model-model yang dirakit di sana adalah Civic hatchback maupun Civic Type R.

2021 sendiri merupakan akhir siklus hidup generasi terkini dari kedua model. Di pabrik Swindon, terdapat 3.500 tenaga kerja. Adapun kantor pusat Honda Eropa tetap bakal berlokasi di Inggris meski fasilitas manufaktur Swindon ditutup.

Civic Type R juga dijual di Indonesia sejak peluncurannya dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Tentu saja, agen pemegang merek PT. Honda Prospect Motor mengimpornya secara utuh dari Swindon.

Restrukturisasi global ini juga berimbas pada pabrik Honda Turki yang memproduksi Civic sedan dengan kapasitas produksi 38 ribu unit per tahun. Penutupan pabrik di negara tersebut juga bakal dilakukan pada 2021. Tidak disebutkan pula ke mana produksi di Turki kelak dipindahkan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar