Honda Pangkas Produksi Imbas Virus Corona

Berita Otomotif

Honda Pangkas Produksi Imbas Virus Corona

TOKYO - Honda Motor Co terpaksa pangkas produksi di 2 pabriknya di Prefecture Saitama, Jepang karena terimbas virus Corona

Pemangkasan produksi ini tak lain karena kedua pabrik tersebut kekurangan sparepart atau suku cadang yang seharusnya disuplay dari China. Merebaknya virus Corona menyababkan pasokan tersendat dan yang terparah kini sampai kekurangan sehingga menggangggu produksi.

Pengurangan produksi Honda ini akan dilakukan pada awal Maret 2020 ini dan belum ada keputusan sampai kapan berlangsung. Dari segi jumlah pihak Honda tidak menyatakan secara resmi namun dapat ditaksir mencapai ratusan unit per harinya.

Pembuat mobil terbesar ketiga Jepang ini juga telah melihat penurunan profitabilitasnya yang cukup besar dalam dua tahun terakhir. Jumlahlah disebut lebih dari setengah dan pemicunya oleh serangkaian masalah terkait kualitas serta sekarang wabah virus Corona.

Dalam darurat Corona ini, Honda bergabung dengan sejumlah pembuat mobil lain yang produksinya sangat terpengaruh. Hyundai menghentikan pekerjaan di sebuah pabrik setelah para pekerja dinyatakan positif mengidap virus corona. 

Toyota sebelumnya memperingatkan bahwa operasi di pabriknya di Jepang dapat dipengaruhi oleh masalah rantai pasokan. Dan kemudian disusul oleh Nissan yang menghentikan operasional pabriknya di Jepang.

Belum lagi operasional pabrik-pabrik di China. Ini termasuk pabrik-pabrik suku cadang yang mensuplay banyak pabrikan otomotif dunia.

Selain itu, pameran mobil besar seperti Genewa Motor Show dan Beijing Motor Show telah dibatalkan. Demikian pula gelaran otomotif paling bergengsi di dunia F1 dan MotoGP telah terkena imbasnya. [Ari]

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar