Wabah Corona Paksa Balap F1 Bahrain Digelar Tanpa Penonton

Berita Otomotif

Wabah Corona Paksa Balap F1 Bahrain Digelar Tanpa Penonton

SAKHIR - Balap F1 Bahrain tetap digelar, namun kali ini tanpa penonton karena penyebaran virus Corona yang makin mengkhawatirkan.

GP Bahrain sendiri dijadwalkan akan digelar pada 19 - 11 Maret 2020. Dan menjadi gelaran F1 kedua tahun 2020 setelah GP Melbourne, Australia yang sampai berita ini diturunkan masih sesuai rencana akan berjalan weekend ini (13 - 15 Maret 2020).

Meski jadi digelar, pihak penyelenggara GP Bahrain memastikan tidak ada satu pun penonton yang menyaksikan langsung di sirkuit sepanjang 5.4 km tersebut. Ini akan menjadi balapan pertama dalam sejarah setelah 70 tahun lalu F1 pernah digelar tanpa penonton. 

Penyeleggara menyatakan bahwa kondisi ini terpaksa dilakukan karena menyangkut dengan penyebaran global virus Corona. Dengan tidak dihadiri oleh penonton, harapannya akan menekan angka penyebaran terutama di wilayah Bahrain.

Di Bahrain sendiri pada minggu lalu sudah dilaporkan terdapat 85 kasus positif terjangkit virus berkode Covid-19. Dan dari letak geografisnya, negara pulau tersebut berlokasi dekat dengan Iran yang menjadi negara Timur Tengah terdampak virus Corona terparah, dilaporkan memiliki 6.500 kasus positif Corona.

"Dalam konsultasi dengan mitra internasional, kami dan Satuan Tugas kesehatan nasional Kerajaan Bahrain telah membuat keputusan untuk menggelar Grand Prix Bahrain tahun ini sebagai acara khusus peserta. Mengingat penyebaran Covid-19 yang berkelanjutan secara global, mengadakan acara olahraga besar terbuka untuk umum dan memungkinkan ribuan touris internasional serta penggemar lokal untuk berinteraksi dalam jarak dekat bukan menjadi hal tepat untuk dilakukan pada saat ini,” jelas pihak penyenggara GP F1 Bahrain

Hal menarik di sini adalah terdapat perbedaan keputusan antara GP F1 Bahrain dan GP F1 Australia. Balap yang akan digelar di Melbourne pekan ini tetap digelar seperti biasa dengan melibatkan penonton.

Padahal, di Australia sendiri sudah dikonfirmasi terdapat 74 kasus positif Corona dengan 3 korban meninggal. Sementara pada balap lainnya, GP F1 China yang sedianya akan digelar 17 - 19 April 2020 sudah dipastikan dibatalkan karena Negeri Tirai Bambu menjadi negara asal virus Corona dengan penyebaran paling parah. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar