Toyota Waspada Produksi akan Terganggu Karena Corona

Berita Otomotif

Toyota Waspada Produksi akan Terganggu Karena Corona

TOKYO — Toyota Motor Corp. mengakui bahwa operasi pabriknya di Jepang dapat terdampak oleh wabah virus Corona di Cina.

Hal ini karena dalam beberapa pekan, bila wabah tidak segera selesai, maka akan ada masalah pada rantai pasokan komponen. Toyota, yang memiliki 16 pabrik mobil dan komponen di Jepang mengatakan bahwa akan membuat kebijakan bagaimana cara untuk melanjutkan operasi pabriknya mulai tanggal 9 Maret. Mereka tetap akan menjaga produksi agar tetap normal pekan kedua bulan Maret.

Pabrik Toyota di Jepang dapat terpengaruh ada beberapa pabrik komponen di Cina yang berlokasi di pusat wabah virus. Pabrik-pabrik tersebut tidak bisa memproduksi dan mengangkut barang. Selain itu, ada pula beberapa pabrik yang ditutup di bawah perintah pemerintah setempat.

“Saat ini kami masih menerima komponen dari Cina dengan normal, tapi kami akan meninjau kembali situasi ini setelah pekan kedua bulan Maret,” terang pihak Toyota Motor Corp.

Saat ini, produksi mobil Toyota di Jepang mendekati setengah dari total 10,7 juta mobil yang mereka jual secara global di 2019. Toyota juga telah membatalkan sejumlah perjalanan tidak penting bagi karyawan Jepang. Hal ini terpaksa dilakukan karena virus menyebar dengan sangat cepat.

Hal serupa juga sudah dilakukan oleh sejumlah pabrikan kendaraan di Indonesia. Wuling dan DFSK sebagai produsen mobil asal Cina telah mengurangi jumlah perjalanan karyawan dari Negerti Tirai Bambu ke Indonesia maupun sebaliknya.

Kondisi tersebut dilakukan untuk menghindari adanya penyebaran virus Corona di Tanah Air. Dan hingga saat berita ini dibuat, Corona masih belum menembus Indonesia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support