Hatchback dan Sportscar Dicap Sebagai Mobil Berisiko Memakan Korban Jiwa

Berita Otomotif

Hatchback dan Sportscar Dicap Sebagai Mobil Berisiko Memakan Korban Jiwa

MASSACHUSETTS - Perusahaan riset otomotif dan engine search iSeeCars.com baru-baru ini melansir data berisi daftar mobil berisiko paling mematikan alias kerap terlibat kecelakaan yang membuat penumpangnya meninggal dunia.

Data berasal dari U.S. Fatality Analysis Reporting System (FARS). Dikumpulan dari kecelakaan yang melibatkan kendaraan atau mobil produksi 2013 hingga 2017 di Amerika Serikat.

Angka-angka yang dihitung sendiri adalah untuk tingkat kecelakaan fatal per mil mobil melaju atau dikendarai (Cars per Billion Vehicle Miles). Dalam daftar terdapat 14 mobil yang memiliki potensi mengalami kecelakaan fatal. 

Yang menarik, 3 dari 5 besar list Cars with Most Frequent Occupant Fatalities ini adalah hatchback cukup populer. Mulai dari Mitsubishi Mirage di posisi pertama, Honda Fit atau di Indonesia dikenal dengan Jazz di urutan 3 plus Chevrolet Spark peringkat 5.

iSeeCars Study menyimpulkan bahwa mobil kelas hatchback termasuk dalam tabel Nissan Versa Note dan Hyundai Volster Turbo karena beberapa hal. Mulai dari dimensinya kecil dan memiliki harga ekonomis yang kemudian terkait direduksinya fitur-fitur terkini terutama berhubungan dengan safety, tidak seperti mobil berharga lebih mahal.

Mitsubishi Mirage memiliki 10.2 Cars per Billion Vehicle Miles. Sementara Jazz 7.7 dan Spark 7.2.

Selain hatchback, mobil sport selanjutnya punya potensi mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kematian. Trigernya tak lain terletak pada kelalaian pengumudi dalam mengendalikan mobil dalam kecepatan tinggi. Artinya karena prilaku berkendara agresif kecelakaan terjadi dan kebanyakan terjadi pada remaja. 

Chevrolet Corvette menjadi sportscar paling bermasalah dengan catatan 9.8 Cars per Billion Vehicle Miles. Dalam tabel juga terdapat beberapa mobil berkarakter sport lain seperti Subaru BRZ, Nissan 370Z, Dodge Challenger dan Chevrolet Camaro.

Dalam tabel juga terdapat mobil jenis sedan seperti Kia Forte, Nissan Versa dan Kia Rio. Dan pada urutan ke-12 terdapat satu-satunya crossover yakni Kia Soul.

Dalam keterangan lainnya, iSeeCars Study menyatakan bahwa secara keseluruhan, angka-angka kecelakaan yang ada dalam tabel ini tergolong rendah. Artinya mobil-mobil saat ini lebih aman jika dibandingkan dengan model 20 tahun. 

Terakhir, terlepas dari nilai yang tertera di tabel, berkendara aman adalah kunci paling besar agar tidak terlibat kecelakaan fatal. Anda yang berada di balik kemudi diharapkan harus dalam kondisi prima dalam setiap kesempatan berkendara. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support