Harga Datsun Cross Lebih Murah dari Perkiraan Awal

Berita Otomotif

Harga Datsun Cross Lebih Murah dari Perkiraan Awal

KARAWANG – Harga Datsun Cross secara resmi diumumkan oleh Datsun Indonesia dan ternyata lebih murah dibandingkan perkiraan awal.

Datsun Cross meluncur di Indonesia pada 18 Januari dengan perkiraan harga on the road Jakarta (OTR) Rp163 juta untuk transmisi manual serta Rp175 juta bagi transmisi otomatis X-Tronic CVT. Crossover ini merupakan model ketiga Datsun di Indonesia setelah Go dan Go+ Panca yang berada di segmen low cost green car (LCGC).

Presiden Direktur PT. Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito, di sela-sela acara Media Test Drive Cross pada Kamis (8/3/2018), menjelaskan pihaknya telah merilis harga resmi model tersebut.

“Harga OTR Jakarta Cross adalah Rp161,49 juta untuk transmisi manual dan Rp173,99 juta bagi transmisi CVT,” ungkapnya di Bridgestone Proving Ground, Kawarang, Jawa Barat.

Sebelumnya, pada saat peluncuran, pabrikan asal Jepang ini mengatakan kisaran harga sementara Cross ialah Rp163 juta dan Rp175 juta untuk masing-masing tipe transmisi. Dengan demikian, banderol resmi Cross lebih rendah sekitar Rp1-2 juta dari pengumuman awal.

“Yang kami umumkan saat meluncurkannya Januari kemarin hanya rentang harga. Harga resminya adalah yang kami umumkan saat ini,” tukas dia.

Cross, dengan model crossover, memperkaya lini model Datsun karena pada dua model sebelumnya mereka hanya bermain di segmen hatcback plus multi purpose vehicle.

Kendaraan satu ini dibangun dari platform yang sama dengan Go+ Panca. Versi konsepnya yaitu Go-Cross Concept telah menjalani debut global pada akhir Oktober 2015 di kantor pusat Nissan Motor Corporation  di Yokohama, Jepang. Go-Cross Concept kemudian dipamerkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Versi produksinya sendiri memanggul mesin 1.2 liter, DOHC, tiga silinder segaris. Mesin di tipe transmisi manual berdaya 68ps pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi 104 Nm pada 4.000 rpm.

Adapun mesin di tipe X-Tronic CVT mempunyai tenaga lebih besar, 78 hp pada 6.000 rpm. Sementara, torsinya mencapai 104 Nm di 4.400 rpm.

Cross memiliki fitur hiburan standar berupa layar sentuh yang terkoneksi dengan ponsel pintar. Di sisi keamanan, fitur-fiturnya ialah Vehicle Dynamic Control (VDC), yang merupakan perpaduan dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Traction Control, dan Brake Limited Slip Differential; airbag di sisi pengemudi dan penumpang; sensor parkir; Central Locking System; Immobilizer; Keyless Alarm with Shock Sensor. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual