Datsun Cross, Beda Kenyataan dari Versi Konsepnya

Mobil Baru

Datsun Cross, Beda Kenyataan dari Versi Konsepnya

JAKARTA - Datsun Cross versi produksi ternyata punya tampilan jauh berbeda dengan versi konsep, masih layakkah digadang jadi juru selamat penjualan Datsun Indonesia yang sedang terpuruk?. 

Mobil123.com termasuk yang terkejut ketika menyaksikan langsung world premiere atau debut dunia dari Datsun Cross. Jujur di luar ekspektasi, kami tidak menyangka saat disuguhkan mobil baru yang punya platform sama dengan Datsun Go+ Panca atau layak dibilang versi modifikasi dari LCGC 5 seater plus-plus tersebut. Dan jujur lagi, ini mengecewakan.

Jika flashback ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Mobil123.com masih ingat betul detail dari versi konsep Datsun Cross. Ini menjadi crossover pertama Datsun dengan tampilan yang jauh lebih berkelas dari 2 model pendahulunya dan menurut kami di sanalah harapan baru Datsun Indonesia digantungkan.

Tapi pada kenyataannya, publik Indonesia akhirnya tidak mendapat sesuatu yang benar-benar baru terutama dari sisi tampilan. Konsumen hanya mendapat sebuah LCGC yang dipaksakan untuk bertransformasi menjadi sebuah compact crossover. Datsun Go-Cross Concept yang hampir 2 tahun lalu dipertontonkan untuk memberikan kesempatan para risers sekilas melihat masa depan Datsun ternyata jauh berbeda pada kenyataan atau versi produksinya.

Secara kasat mata tentu bisa langsung dibandingkan dan jelas ini beda kelas. Kemiripan sekilas hanya bisa dilihat ketika Anda melihatnya secara vertikal saat melihatnya lurus dari depan.


Hal ini hadir melalui paduan headlamp plus honeycomb grille yang jika dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca memiliki ukuran lebih besar. Selanjutnya Anda juga akan mendapatkan foglamp bulat agak aneh dari sisi bentuk juga posisinya plus under protector dengan groundclearence 200 mm yang mengesankan nuansa crossover.  


Selebihnya, jika dicermati dari samping dan belakang, praktis Anda akan menemukan sebuah Datsun Go+ Panca facelift atau telah mendapat sentuhan modifikasi. Ini tentunya berbeda jauh jika dibandingkan dengan versi konsepnya. Proporsi dimensi dan tarikan garis versi konsep tampak jauh lebih menarik.


Lalu kemudian apa yang menjadi daya tarik Datsun Cross versi produksi ini?

Berbeda dengan 2 pendahulunya yang masuk di kelas LCGC, compact crossover Datsun ini dilengkapi beberapa fitur terkini penunjang sisi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Mulai dari Vehicle Dinamic Control (VDC), ABS, Dual Airbag dan juga versi dengan transmisi CVT. 

Lainnya, ruang interior dibuat lebih elegan plus kabarnya Datsun Indonesia meningkatkan sistem insulasinya dan kemudian diklaim memiliki kekedapan ruang yang baik. 

Sampai berita ini diturunkan Datsun Indonesia belum secara resmi melansir harga jual dari Datsun Cross. Namun Mobil123.com sempat mengintip price list dari tenaga penjual Datsun setelah acara World Premier yakni Rp 163 juta untuk transmisi manual dan Rp 175 juta versi transmisi otomatis CVT.

Pertanyaannya kini, apakah Datsun Cross dapat memikat hati calon potential buyers termasuk Anda? Dan apakah model ketiga Datsun di Indonesia serta kelima di dunia ini berhasil dipasaran untuk kemudian menjadi juru selamat penjualan Datsun di Indonesia? Tunggu kabar berikutnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual