Datsun Mulai Bicara Soal Model Keempat di Indonesia

Berita Otomotif

Datsun Mulai Bicara Soal Model Keempat di Indonesia

KARAWANG – Datsun memberikan sedikit petunjuk tentang model keempat mereka kelak di Indonesia, dengan mengatakan bahwa informasi mengenai itu akan tersingkap dalam beberapa tahun ke depan.

Eksekutif Datsun global, ketika hadir di Indonesia di sela-sela sesi Media Test Drive Datsun Cross pada 7-8 Maret kemarin, tak mau berbicara banyak mengenai produk selanjutnya. Ia hanya membeberkan bahwa dalam waktu tak lama dari sekarang, bakal ada informasi soal itu.

“Saya tak bisa bilang hari ini. Tapi, tolong tunggu satu sampai dua tahun dari sekarang. Kami akan umumkan,” kata Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Corporation (NMC) Nobuyuki Kawai menjawab pertanyaan Mobil1213.com di Bridgestone Proving Ground, Karawang, Jawa Barat.

Sekadar menginformasikan, Datsun masuk ke Indonesia sejak 2014 setelah dihidupkan kembali oleh Nissan setahun sebelum itu. Selain membangun pabrik di Purwakarta dengan kapasitas terpasang 40 ribu unit per tahun, mereka juga langsung menghadirkan dua model yaitu hatchback Go dan multi purpose vehicle (MPV) Go+ Panca yang bermain di segmen mobil murah yang mendapatkan insentif pajak yaitu low cost green car (LCGC).

Pada 18 Januari 2018, Datsun kemudian menghadirkan model ketiga mereka, Cross, dengan satu varian bertipe transmisi manual serta otomatis X-Tronic CVT. Namun, crossover berbanderol on the road Jakarta Rp161,49 juta dan Rp173,99 juta ini bukanlah sebuah LCGC.

Cross Awal Babak Baru
Kawai, yang mengepalai langsung pengembangan city car Datsun Redi-Go untuk pasar India, lalu menjelaskan bahwa Cross merupakan babak baru bagi merek ini di Tanah Air.

“Kami sebelumnya memang sudah punya Go dan Go+ Panca. Keduanya cukup lumayan, tak terlalu buruk. Tapi Cross benar-benar baru untuk Indonesia karena tak ikut LCGC. Ini mobil Datsun yang benar-benar baru untuk Indonesia,” sebutnya.

Datsun Cross sendiri mulai diproduksi pada 31 Januari. Distribusi kepada diler sudah dimulai pada 7 Maret.

Kendaraan yang dibuat dari basis Go+ Panca itu berkapasitas 5+2 dengan 1.2 l, DOHC, tiga silinder segaris. Mesin di tipe transmisi manual berdaya 67 hp pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi 104 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara, mesin di Datsun Cross tipe X-Tronic CVT mempunyai tenaga lebih besar, 77 hp pada 6.000 rpm. Torsinya mencapai 104 Nm di 4.400 rpm.

Salah satu klaim keunggulan Datsun Cross ialah ground clearance setara sport utility vehicle (SUV) besar yaitu 200 mm.

Selain itu, fitur keamanan juga mereka sorot seperti Vehicle Dynamic Control (VDC), yang merupakan perpaduan dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Traction Control, dan Brake Limited Slip Differential; airbag di sisi pengemudi dan penumpang; sensor parkir; Central Locking System; Immobilizer; Keyless Alarm with Shock Sensor.

Untuk hiburan, ada layar sentuh yang terkoneksi ponsel pintar. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual