Datsun Cross Lakukan Debut Dunia dan Bukan Mobil LCGC

Berita Otomotif

Datsun Cross Lakukan Debut Dunia dan Bukan Mobil LCGC

JAKARTA – Datsun Indonesia akhinya membuka selubung produk terbarunya yakni Cross dengan basis Datsun GO+ Panca yang diberikan berberapa sentuhan ubahan. Dan compact crossover ini tidak bermain di kelas Low Cost Green Car (LCGC)

Datsun Cross menjadi model ketiga di Tanah Air dan keenam secara global. Sebagai compact crossover, produk baru ini dikatakan memang sengaja dikembangkan untuk pasar Indonesia serta akan menjadi flagship baru brand Datsun di Tanah Air.

Setelah diperlihatkan secara sekilas beberapa waktu lalu, kini wujud Datsun Cross secara utuh terlihat jelas. Produk terbaru Datsun ini tampil lebih mewah dari edisi sebelumnya, serta dilengkapi fitur-fitur canggih di dalamnya.

“Datsun Cross modelnya kini lebih dinamis dan teknologinya yang membuatnya berbeda. Datsun Cross adalah mobil baru untuk generasi baru. Inilah yang akan mendorong Datsun selangkah lebih maju dari pesaingnya,” ujar Jose Roman, Corporate Vice President, Nissan Motor Co., Global Head of Datsun.

Datsun Cross sendiri memiliki karakter ganda yakni mampu melintasi batasan kehidupan sehari-hari dan melakukan tugas-tugas rutin dengan mudah, namun siap untuk mengambil petualangan baru bila diminta.

Datsun Cross masih tetap menggunakan mesin yang sama dengan model terdahulunya. Namun untuk tipe CVT, produsen kendaraan asal Jepang tersebut melakukan pengembangan khusus, agar tercipta keseimbangan nan sempurna.

Mesin 1.2-liter Datsun Cross dikatakan mampu menghasilkan tenaga maksimal 68 hp untuk tipe manual, sementara pada tipe CVT saluran dayanya mencapai 78 hp. Adapun keduanya tetap menghasilkan torsi 104 Nm.

Paling menarik dari Datsun Cross adalah fitur canggih yang membuatnya sangat beda dari generasi sebelumnya. Datsun Cross telah dilengkapip Vehicle Dynamic Control (VDC) sebagai standar pada semua varian.

Adapun VDC sendiri meliputi ABS, EBD & BA, Traction Control dan Brake-Limited Slip Diffrential. Ini membuat pengendalian kendaraan lebih lincah dan mudah dikendalikan. Mobil ini juga semakin membuat nyaman penggunanya karena disediakan fitur keamanan cukup lengkap.

Sampai berita ini dibuat, Datsun Indonesia belum melansir harga resmi dan hanya memberika kisaran di angka mulai Rp 163 juta hingga Rp 175 juta. Dan dengan segala ubahan yang telah dijabarkan di atas, Datsun Cross dipastikan tidak masuk di kelas LCGC.

Terakhir,  Datsun Indonesia baru memasarkan pada Maret 2018. Datsun menawarkan tujuh pilihan warna baru termasuk dua warna baru yakni Amber dan Copper. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual