Filipina Ambil Alih Produksi KTM 790 Duke dan Adventure, Harga Lebih Murah

Berita Otomotif

Filipina Ambil Alih Produksi KTM 790 Duke dan Adventure, Harga Lebih Murah

TAGUIG – KTM mempercayakan pabriknya di Filipina untuk memproduksi 790 Duke dan 790 Adventure.

Ini merupakan pertama kalinya KTM dengan kapasitas mesin di atas 400 cc diproduksi di luar Austria. Pasar Filipina yang terus berkembang pesat, menjadi salah satu alasan produsen motor dengan ciri khas warna orange tersebut, menunjuk Filipina untuk memproduksi beberapa produknya.

KTM Filipina dipercaya untuk memproduksi 390 Duke beberapa tahun silam. Walhasil banderol yang ditawarkan lebih murah ketimbang impor langsung dari negara asalnya. Hal ini membuat harga motor-motor KTM lebih terjangkau pasar.

Pada 2017, KTM Filipina di bawah lisensi Ayala Group dipercaya untuk memproduksi seluruh produk KTM berkapasitas mesin 200 cc hingga 390 cc, baik model Duke ataupun RC. Motor-motor tersebut tidak hanya dipasarkan secara lokal, namun juga ke beberapa negara di Asia dan salah satunya Indonesia.

Pandemi covid-19 yang menerpa seluruh negara termasuk Filipina dan Austria, tidak mengurungkan niat KTM untuk memproduksi 790 di luar Austria. KTM 790 Duke, 790 Adventure dan 790 Adventure S akan lahir dari pabrik mereka di Manila.

Seperti telah disebutkan di atas, KTM produksi Filipina lebih murah banderolnya jika dibandingkan produksi Austria. Sebagai contoh, KTM 790 Duke buatan Austria dilepas dengan harga 16.400 US Dollar atau sekitar Rp 233 juta. Sementara motor yang sama hasil produksi KTM Filipina dibanderol 11.980 US Dollar atau sekitar Rp 170 jutaan.

Sebuah koreksi harga yang cukup menggiurkan, khususnya bagi konsumen. Dengan menebus lebih murah, konsumen sudah bisa mendapatkan unit motor dengan kapasitas mesin lebih besar. Seperti diketahui, KTM 790 hadir guna menjadi jembatan para biker yang ingin naik kelas dari motor kecil.

Sebagai bahan pembanding lainnya, KTM 790 Adventure yang merupakan produksi FIlipina dihargai  13.980 US Dollar atau sekitar Rp 198 jutaan. Harga ini tentunya merupakan kabar gembira bagi para penggemar KTM, terlebih di Indonesia.

KTM Indonesia memasarkan 790 Duke dengan harga Rp 330 juta on-the road Jakarta. Sementara untuk 790 Adventure harganya mencapai Rp 350 juta. Semoga saja dengan hadirnya KTM 790 buatan Filipina, harga untuk pasar Tanah Air juga ikut terkoreksi. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar