Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Citroen Dapat Insentif Impor Mobil Listrik, Harga e-C3 Dipastikan Cuma Rp300 Jutaan

Mobil Listrik

Citroen Dapat Insentif Impor Mobil Listrik, Harga e-C3 Dipastikan Cuma Rp300 Jutaan

JAKARTA – Harga Citroen e-C3 dipastikan hanya Rp300 jutaan. Ini karena Citroen telah memperoleh persetujuan mendapatkan insentif impor mobil listrik dari pemerintah.

Citroen, melalui keterangan resmi pada Senin (13/5/2024), mengumumkan keberhasilan mendapat insentif impor utuh (completely built up/CBU) mobil listrik e-C3 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dengan demikian, bea masuk maupun Pajak Penjualan Barang Mewah dari model tersebut adalah 0 persen.

Citroen sendiri berkomitmen kepada pemerintah untuk melakukan perakitan lokal mobil listrik e-C3 maksimal pada 2026. Merek mobil asal Prancis ini mengklaim sebagai yang pertama mendapatkan insentif impor mobil listrik dari regulator.

Citroen Indonesia

Chief Executive Officer PT Indomobil National Distributor Tan Kim Piauw menyambut gembira pencapaian tersebut, sehingga Citroen dapat berperan dalam program percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

E-C3 sendiri ia klaim telah menarik perhatian masyarakat, setelah tampil untuk pertama kalinya dalam Gaikindo Indonesia International Motor Show 2023.

“Langkah kami ini sekaligus membuktikan komitmen jangka panjang Citroen dalam menggarap pasar kendaraan bermotor di Indonesia, termasuk kontribusi kami dalam menciptakan mobilitas bebas emisi,” tukas Tan.

Dengan adanya insentif impor mobil listrik, Citroen dapat memastikan harga e-C3 benar-benar Rp300 jutaan, seperti informasi yang telah mereka rilis sebelumnya kepada publik. e-C3 mereka pasarkan di Tanah Air dengan banderol Rp377 juta on the road (OTR) Jakarta dan dalam waktu dekat bakal didistribusikan kepada para pemesan.

Citroen

Baterai e-C3 dibuat dari material lithium-ion berkapasitas 29,2 kWh dan port charging miliknya bertipe CCS2. Pengecasan 10-100 persen membutuhkan 10 jam 30 menit, tapi ada sistem fast charging (pengecasan cepat) yang membuat pengisian daya baterai 10-80 persen hanya butuh 57 menit.

Jarak tempuh mobil listrik e-C3, menurut data dari Citroen, maksimal mencapai 320 km (ARAI MIDC 1 Certified). Motor penggeraknya menggelontorkan tenaga puncak 57 ps, dengan torsi tertinggi 143 Nm.

Akselerasi e-C3 untuk kecepatan 0-60 km per jam ialah 6,8 detik. Kecepatannya Citroen batasi hingga 107 km per jam saja.

Citroen membenamkan transmisi otomatis single-speed. Pengoperasiannya dilakukan lewat tombol transmisi E-Toggle yang unik.

e-C3 punya dua mode berkendara yakni Eco dan Standard.

Hingga saat ini, Citroen telah memiliki 14 diler di Indonesia yang ditargetkan menjadi 20 outlet pada akhir 2024. Semua diler itu mendukung servis, layanan purnajual, maupun suku cadang dari e-C3.

Citroen juga telah menyediakan pusat suku cadang di Indonesia. Tepatnya di Indomobil Parts Center di Cikampek, Jawa Barat. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang