Citroen ‘Lepas’ 3 Model Pertama, Ada Pesaing Raize Seharga Rp225 Juta

Mobil Baru

Citroen ‘Lepas’ 3 Model Pertama, Ada Pesaing Raize Seharga Rp225 Juta

JAKARTA – Citroen C3, Citroen C5 Aircross, dan Citroen e-C4 meluncur sebagai tiga model pertama jenama asal Prancis itu di Indonesia. C3 menjadi pesaing Toyota Raize.

Ketiganya, kata Head of ASEAN and General Distributors Stellantis Christophe Musy, menjadi penanda awal kehadiran Citroen di pasar Indonesia.

“Saya sangat bangga mengumumkan hari ini sebagai penanda penting untuk kami dan Indomobil Group. Ini peluncuran produk pertama di Indonesia, setelah peluncuran merek pada Oktober kemarin,” ucap dia dalam seremoni peluncuran pada Rabu (7/12/2022) di Jakarta.

Citroen C3

Awalnya, menurut Business Development Head Indomobil Group Stefan Hutahayan, tiga model tersebut ingin diluncurkan pada 2023. Tapi, mereka akhirnya merilis pada akhir 2022.

“Memang awalnya kami mau meluncurkan ketiganya pada 2023. Tapi, karena kesiapan di sini maupun di prinsipal di sana (Prancis) sudah matang, kami memutuskan meluncurkannya tahun ini. Kami sudah tak sabar menunjukkan kenyamanan dari mobil-mobil ini supaya nanti pada 2023 masyarakat luas sudah mendapatkan informasi,” ucap dia merespons Mobil123.com dalam sesi tanya-jawab.

Harga C3, lanjut Stefan, adalah Rp225 juta on the road (OTR) Jakarta dan dikirimkan pada kuartal pertama tahun depan. Adapun banderol C5 Aircross serta e-C4 masih berupa kisaran, dengan waktu pengiriman yang sama.

“Kisaran harga untuk C5 Aircross kepala 9 (Rp900 juta-an), sedangkan e-C4 ‘1 kecil’ (Rp1 miliar lebih sedikit),” pungkasnya.

Citroen C3 Pesaing Toyota Raize

Citroen C3

C3 disebut Citroen sebagai model lima penumpang di segmen B-SUV. Adapun kompetitor-kompetitornya diketahui adalah Raize serta Daihatsu Rocky.

C3 untuk pasar Indonesia hanya terdiri dari satu tipe. Tapi, untuk opsi two tone color, terdapat penambahan harga.

Dimensinya tidak jauh berbeda dari Raize. Panjang, lebar, tinggi, serta ground clearance masing-masing 3.981 mm (Raize 4.030 mm), 1.733 mm (1.710 mm), 1.604 mm (1.635 mm), 2.540 mm (2.525 mm).

Mesin bensinnya berkapasitas 1.2-liter dengan transmisi manual. Daya serta torsi adalah 81 hp dan 115 Nm.

Fitur C3 yang disebutkan antara lain Head Unit 10 Inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, sistem pengereman ABS+EBD, Rear Parking Sensor, Rear Camera, 2 Airbag, Alarm, Immobillizer.

Citroen C5 Aircross SUV Mewah

Citroen C5 Aircross

Harga C5 Aircross, menurut brosur yang didapat, Rp1,1 miliar OTR Jakarta. Dapur pacu yang diusung adalah mesin bensin 1.6-liter turbo PureTech berdaya 165 hp, dengan torsi 240 Nm yang dikombinasikan transmisi otomatis enam percepatan.

Fitur-fitur yang dijelaskan antara lain Progressive Hydraulic Cushion, 3 Individual Seats, Electronic Stability Control, Electric Parking Brake, Cruise Control, Driver Attention Alert, Blind Spot Detection, Hill Descent Control, Hill Start Assist, Traction Control, Keyless Entry and Start/Stop System, Electric Sunroof, Parking Sensors with Rear Camera, Head Unit 10 Inch with Smartphone Connectivity, 6 Airbag, Alarm, Immobilizer.

Masih ada lagi Grip Control berisi banyak mode berkendara (Standard, Snow, All Terrain, Sand). Mode berkendara All Terrain bisa mengatasi medan agak licin seperti lumpur ringan atau rerumputan.

Kapasitas bagasinya yang 580 liter bisa ditingkatkan menjadi 1.630 liter.

Mobil Listrik Citroen e-C4

mobil listrik Citroen e-C4

e-C4, di sisi lain, merupakan mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV). Harga OTR Jakartanya, menurut brosur, Rp1,180 miliar.

Dapur pacunya mengandalkan baterai 50 kWh plus motor listrik 136 hp, dengan torsi 300 Nm. Pengisian dengan arus AC bisa menghabiskan waktu 7 jam 30 menit, sedangkan dengan arus DC perlu 25 menit.

Jarak tempuh e-C4 350 km, dengan akselerasi 0-100 km per jam 9 detik dan kecepatan puncak 150 km per jam.

e-C4 memiliki teknologi Advance Driving Assistant System (ADAS) berisikan Adaptive Cruise Control, City Stop, Active Lane Positioning Assist, Driver Attention Alert, Traffic Sign Recognition, Blind Spot Detection.

Fitur-fitur e-C4 selain itu, misalnya, adalah 6 Airbag, Keyless Entry and Start, Sunroof, Automatic Dual Zone AC, 5 Inch TFT Instrument Cluster, Head-Up Display, Parking Sensors, Rear Camera, Wireless Charger, Head Unit 10 Inch with Smartphone Connection. [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Download Aplikasi Mobil 123 di iOS atau Android untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar