Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Awas, Oli Menggumpal di Mesin Mobil karena 4 Hal Ini!

Panduan Pembeli

Awas, Oli Menggumpal di Mesin Mobil karena 4 Hal Ini!

JAKARTA – Salah satu ‘penyakit’ yang patut diwaspadai pada mesin mobil adalah oil sludge. Ada empat hal yang menyebabkan hal itu dapat terjadi.

Oil sludge, menurut keterangan resmi Auto2000 pada awal pekan ini, adalah lumpur atau gumpalan oli yang terbentuk di dalam rongga mesin.

Oil sludge terlihat seperti gel atau lumpur tebal yang kemudian menjadi kotoran di mesin. Pembentukannya disebabkan oleh endapan, sisa pembakaran, atau kerak oli dari oli lama yang ‘bertemu’ dengan pelumas baru.

Sisa pembakaran ini bakal menggumpal dan menempel pada permukaan komponen mesin. Alhasil, performa mesin pun tidak optimal, lebih cepat panas, membuat kinerja sistem pendinginan mesin makin berat, dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) makin boros.

“Segera booking servis berkala untuk mencegah timbulnya oil sludge akibat beberapa kesalahan dalam mengganti oli mesin,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara.

4 Sebab Oil Sludge atau Oli Menggumpal di Mesin Mobil

Berikut ini empat sebab oil sludge menurut Auto2000, jaringan diler serta bengkel resmi Toyota terluas di Indonesia:

  • Gonta-ganti Merek Oli

Setiap merek oli mesin bisa memiliki kandungan zat aditif yang berbeda-beda. Ini karena formula dan materi yang berlainan.

Sludge alias penggumpalan bisa muncul karena ‘pertemuan’ dua merek oli yang tidak dapat bercampur dan menyisakan endapan lumpur.

  • Beda Jenis dan Tipe Oli Mesin

Oli mesin dari merek yang sama pun lumrah punya tipe dan jenis yang berbeda.

Pengunaan jenis serta tipe oli yang berganti-ganti dari satu merek pun juga bisa berdampak pada munculnya oil sludge, kemudian mempengaruhi performa mesin mobil.

  • Terjebak dengan Oli Palsu

Oli mesin palsu pastinya tidak memiliki kualitas yang setinggi versi aslinya. Oleh karena itu, penggunaan oli palsu secara kontinu dipastikan bakal menimbulkan oil sludge sekaligus merusak mesin karena daya lindung plus daya lumas yang tidak sesuai kebutuhan.

  • Lalai Mengganti Filter Oli

Filer oli merupakan salah satu komponen kecil tapi punya fungsi penting. Filter oli yang lalai diganti oleh pemiliknya akan mengumpulkan kotoran yang mengendap di saringan, kemudian membentuk oil sludge. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang