2 Cara Mencegah Warna Cat Mobil Cepat Pudar

Panduan Pembeli

2 Cara Mencegah Warna Cat Mobil Cepat Pudar

JAKARTA - Ada dua cara untuk mencegah warna cat mobil cepat pudar.

Cat mobil ibarat aspek pertama sekaligus utama yang menentukan keindahan sebuah mobil. Jika ada goresan di atasnya walaupun kecil, estetika kendaraan pastinya menurun.

Cat mobil juga dapat pudar seiring waktu. Hanya saja, waktunya sangat bervariasi tergantung seberapa getol perawatan umum dan khusus yang dilakukan oleh pemiliknya, juga tergantung di mana dia memarkirkan mobil tersebut.

Berikut ini adalah dua cara untuk mencegah cat mobil cepat pudar, menurut Bambang Sulistiyono, Body Painting Service Head Auto2000 Bekasi Timur, seperti dikutip dari laman daring resmi Auto2000.

1. Jangan Sembarang Pakai Sabun atau Shampoo
Hal pertama yang mesti diperhatikan adalah jenis sabun atau shampoo yang digunakan untuk membersihkan mobil. Ini aspek yang sering diremehkan oleh para pemilik kendaraan.

Menurut Bambang, hindarilah penggunaan shampoo atau sabun yang bukan diperuntukkan bagi perawatan mobil. Pastikan cairan pembersih yang digunakan memang khusus dibuat bagi perawatan kendaraan.

Hindari pula sabun atau shampoo dengan PH atau tingkat keasaman tinggi. Sebaiknya, cuci di tempat khusus atau menggunakan air biasa saja.

“Shampoo atau sabun biasa akan membuat cat cepat pudar, low gloss, anti UV berkurang, sehingga cat cenderung terlihat lebih low chrom,” kata Bambang.

2. Perhatikan Tempat Parkir
Kondisi tempat parkir juga menentukan panjang-pendeknya ‘usia’ cat kendaraan. Karena itu, pemilik mobil disarankan tidak sembarangan ketika memilih tempat parkir.

Usahakan selalu menyimpan mobil di tempat yang tertutup bagian atasnya. Tempat parkir outdoor atau yang tidak tertutup dengan benar bagian atasnya bisa membuat cat mobil menjadi kusam dalam jangka panjang.

“Ketahanan cat akan berkurang jika sering terkena sinar matahari langsung. Belum lagi sering kena air hujan dan membiarkan kering sendiri, akan lebih cepat kusamnya,” tutup Bambang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support