Akibat Virus Corona, Hypercar Rp 41 Miliar Ini Diluncurkan Secara Online

Mobil Baru

Akibat Virus Corona, Hypercar Rp 41 Miliar Ini Diluncurkan Secara Online

GENEWA – Wabah virus Corona yang ‘menaklukkan’ Geneva Motor Show 2020 telah membuyarkan rencana seremoni peluncuran mobil-mobil keren. Salah satunya adalah hypercar listrik edisi terbatas berharga lebih dari Rp 41 miliar.

Seperti diberitakan sebelumnya, penyelenggaraan Geneva Motor Show yang awalnya akan berlangsung pada 3 – 15 Maret mendatang resmi dibatalkan. Penyelenggara khawatir melalui kerumunan massa di pameran, wabah virus bernama resmi COVID-19 yang juga sudah masuk Indonesia ini menyebar makin luas di Swiss.

Salah satu mobil garang yang akhirnya tidak bisa disaksikan secara langsung, seperti dikutip dari Carscoops, adalah Pininfarina Battista Anniversario. Hypercar ini pun akhirnya hanya menjalani debut globalnya secara online.


Padahal, secara tampilan, kemampuan, dan tentu saja harga, Battista Anniversario amat menggiurkan. Kendaraan satu ini merupakan versi edisi terbatas dari model ‘standarnya’, Battista, yang mengaspal dalam Geneva Motor Show tahun lalu.

Harganya juga mencengangkan yaitu mulai Rp 2,6 juta euro (Rp 41,28 miliar). Pininfarina hanya membuat lima unit untuk konsumen kaya di seluruh dunia.

Versi standarnya sendiri hanya dirakit sebanyak 145 unit. Baik Battista ‘biasa’ maupun edisi spesial baru mulai diproduksi pada akhir tahun ini di Cambiano, Turin.

Battista Anniversario menjadi kendaraan rakitan Italia terkuat yang bisa dikemudikan di jalan raya. Performanya datang dari empat motor listrik yang menghasilkan total tenaga 1.873 hp dengan torsi 2.300 Nm.

Bermodal gelontoran daya semega itu, akselerasi 0 – 100 km/jam dapat digapai dalam waktu kurang dari 2 detik. Sementara itu, akselerasi 0 – 300 km/jam dicapai dalam waktu di bawah 12 detik.

Kecepatan puncak Battista Anniversario ialah 350 km/jam. Berbekal baterai listrik 120 kWh, jarak tempuhnya bisa lebih dari 500 km, sehingga sang pemilik bisa dengan tenang membawa (baca: memamerkan) mobil nihil emisi gas buang itu seharian di perkotaan.

Battista Anniversario dilengkapi dengan ‘Paket Furiosa’. Di antaranya adalah splitter, side blades, maupun rear diffuser dari material serat karbon dengan dua nada warna yang hanya ada pada edisi terbatas.

Ada pula penambahan rear wing, rear aero fins, maupun detail berdesain khusus lainnya. Seluruh komponen tambahan di sekujur bodi menambah gaya tekan ke bawah serta menawarkan stabilitas lebih mumpuni saat menikung dengan kecepatan tinggi.

Ban 21 inci milik Battista Anniversario juga berbeda. Pasalnya, bobotnya lebih ringan hingga 10 kg dan beperforma lebih tinggi.

Secara umum, tubuh Battista Anniversario terdiri dari kombinasi tiga warna yakni Grigio Antonelliano, Icona Blue, plus Bianco Sestriere. Bodi dicat dengan tangan sehingga pengerjaannya membutuhkan beberapa pekan.

“Pengerjaan catnya adalah salah satu yang paling rumit di seluruh dunia,” aku Luca Borgogno, Chief Desain Officer Pininfarina. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar