Ada Virus Corona, Pemerintah Tentukan Nasib Pameran Mobil Niaga Hari Ini

Berita Otomotif

Ada Virus Corona, Pemerintah Tentukan Nasib Pameran Mobil Niaga Hari Ini

JAKARTA – GIICOMVEC (Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo), pameran mobil komersial berskala nasional di Senayan, Jakarta, diakui bisa saja batal karena virus Corona. Batal - tidaknya penyelenggaraan kemungkinan diputuskan Pemerintah pada Selasa (3/3/2020).

GIICOMVEC merupakan pameran yang berlangsung 2 tahun sekali dan pertama kali dilaksanakan pada 2018. GIICOMVEC 2020 dijadwalkan berlangsung mulai Kamis (5/3/2020) sampai Minggu (8/3/2020).

Sayangnya, menjelang pameran edisi kedua, muncul kabar yang meresahkan masyarakat Indonesia. Pada Senin (2/3/2020), Jokowi, sapaan akrab Jokowi, mengonfirmasi keberadaan dua warga negara Indonesia di Depok, Jawa Barat yang terinfeksi virus Corona.

Jongkie Sugiarto selaku Ketua I Gaikindo, ketika dihubungi Mobil123.com pada Selasa (3/3/2020) mengatakan pihaknya saat ini sedang berkomunikasi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian, terkait pelaksanaan GIICOMVEC. Ia mengakui GIICOMVEC berpotensi batal.

“Ini kami lagi meminta arahan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, apakah ini jalan terus atau dibatalkan,” tukas Jongkie via sambungan telepon.

Keputusan dari pemerintah, lanjut dia, kemungkinan akan didapat oleh Gaikindo pada hari ini. Ia sendiri menegaskan bahwa seluruh eksibitor harus mengerti jika pameran dibatalkan.

“Saya rasa semua eksibitor harus mengerti (jika ternyata GIICOMVEC dibatalkan) karena ini bukan maunya kami sendiri. Ada alasan yang cukup valid sehingga semua harus mengerti. Lagipula, kalau misalnya yang berkunjung sehari hanya 20 orang, bagaimana?” paparnya.

GIICOMVEC 2020 sudah siap diikuti oleh berbagai merek global yang bermain di segmen kendaraan niaga maupun perusahaan karoseri lokal. Di antara merek-merek tersohor yang sudah memastikan diri hadir adalah Toyota, Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Mitsubishi Fuso, Mercedes-Benz, Scania, UD Trucks, Isuzu, FAW, Hino.

Virus Corona berawal di Wuhan, China, mulai akhir 2019. Berdasarkan informasi dari media massa arus utama, per Selasa pagi ini wabah virus Corona sudah menembus 73 negara.

Korban meninggal telah menyentuh 3.117 jiwa. Sementara itu, total kasus infeksi mencapai 90.872 kasus.

Baru-baru ini, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta menjelaskan tidak akan mengeluarkan izin keramaian baru. Izin keramaian yang sudah dirilis pun akan dikaji kembali. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar