42 Bus Hino Tempuh 1 Juta Km Tanpa Turun Mesin

Berita Otomotif

42 Bus Hino Tempuh 1 Juta Km Tanpa Turun Mesin

JAKARTA – Hino mengklaim bus mereka amat tangguh, tahan lama, dan membuat pengusaha makin untung. Dasar mereka adalah puluhan bus Hino yang mencapai jarak tempuh 1 juta km tanpa turun mesin.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), mengatakan saat ini ada ada 42 bus yang telah menembus perjalanan sejauh 1 juta km. Bus-bus itu adalah milik tiga perusahaan transportasi yaitu PO. Kramat Jati, PO. Sinar Jaya, maupun PO. Harapan Jaya.

“Tipe busnya adalah Hino RN 285. Total ada 42 unit yang sudah mencapai 1 juta km tanpa turun mesin. Bukan hanya satu atau dua unit, karena kalau hanya sejumlah itu bisa saja disebut kebetulan,” ucap dia dalam seremoni pemberian penghargaan kepada ketiga perusahaan, di sela-sela pameran Gaikindo Indonesia International Commmercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 pada Minggu (8/3/2020) di Senayan, Jakarta.

Sebagai informasi, GIICOMVEC merupakan pameran khusus kendaraan niaga yang berlangsung setiap dua tahun, sejak 2018. GIICOMVEC 2020 berlangsung pada 5 – 8 Maret.

Pameran edisi kedua ini sempat ‘digoyang’ oleh isu masuknya wabah virus Corona ke Indonesia. Pengurus asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengakui bahwa pameran bisa saja batal, tapi pada akhirnya tetap digelar setelah mendapat restu dari pemerintah.

Lebih lanjut, menurut Santiko, keandalan Hino membuat konsumen dapat lebih maksimal meraih untung dan lebih menghemat ongkos perawatan. Profit juga lebih maksimal.

“Sekali turun mesin saja bisa lima sampai tujuh hari (masuk bengkel) dan biayanya juga besar. Padahal, di lima sampai enam hari itu kalau dihitung-hitung bisa berapa duit yang masuk,” tandasnya.

Ia mengatakan bahwa produk Hino telah pula menjalani pengujian dengan melibas Tol Trans Jawa pulang – pergi dengan jumlah oli lebih sedikit. Hasilnya ia sebut memuaskan.

“Produk kami tidak menunjukkan gejala masalah dengan mesin yang panas karena temperaturemesin masih di bawah standar yang kami tetapkan,” tukas dia.

Hino resmi masuk Indonesia sejak awal 1980-an dan saat ini mengoperasikan pabrik di Purwakarta, Jawa Barat. Selama 37 tahun, mereka telah memproduksi lokal 500 ribu unit bus dan truk. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar