Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hino Luncurkan Truk Khusus untuk Mengangkut Mobil dan Motor

Mobil Baru

Hino Luncurkan Truk Khusus untuk Mengangkut Mobil dan Motor

JAKARTA – Hino mengklaim menjadi merek pertama di Indonesia yang menghadirkan truk khusus untuk mengangkut mobil serta sepeda motor.

Truk, Hino Ranger FG 235 JU 4x2, resmi mengaspal dalam Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 yang berlangsung di Senayan, Jakarta pada 5 – 8 Maret mendatang. Merek asal Jepang tersebut menghadirkannya di tengah makin tegasnya penindakan terhadap truk kelebihan dimensi dan muatan (Over Dimension Over Load / ODOL) untuk menuju target ‘Zero ODOL’ pada 2023.

“Kehadiran Hino Ranger FG 235 JU ini menjadi solusi bagi para pebisnis yang memiliki persoalan dengan truk mereka terkait regulasi ODOL. Maka, truk ini menjadi solusi tepat untuk efisiensi dan efektivitas dalam bisnis logistik. Apalagi, truk Hino ini memiliki kapasitas ruang kargo dan wheelbase terpanjang di kelasnya sehingga lebih aman dan stabil di perjalanan,” ucap Masato Uchida, Presiden Direktur PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) dalam peluncuran di hari pertama pameran.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, mengatakan sebelum ini belum ada merek yang merilis truk khusus angkutan kendaraan bermotor. Hino adalah merek otomotif pertama di Tanah Air yang melakukannya.

“Harganya Rp 650 juta untuk sasisnya saja. Off-the-road. Belum dengan karoseri,” tukas Santiko tentang truk dengan mesin berdaya 231,7 hp serta torsi 706 Nm itu.

Ranger FG 235 JU pun telah memiliki Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) dan Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) yang khusus. Berbeda dengan model lain milik kompetitor yang digunakan untuk mengangkut kendaraan bermotor.

“Kalau dulu, kan, di peruntukannya tertulis untuk angkutan barang. Tapi tidak spesifik angkutan barang apa. Sekarang di bawahnya ada tulisannya lagi yaitu khusus untuk kendaraan bermotor. Berarti SKRB-nya juga kendaraan bermotor. Enggak mungkin isinya untuk dump truck atau wingbox. Truk jenis ini, kan, juga biasa untuk wingbox kan,” papar Santiko.

Kapasitas angkut Ranger FG 235 JU ialah 54 motor atau empat mobil. Panjangnya 11.950 mm, dengan ruang kargo ekstra panjang hingga 9,8 meter dan wheelbase 7.030 mm.

Gross Vehicle Weight (GVW)-nya 15,1 ton dan dilengkapi Full Air Brake System, Rear Camera, maupun Side Under Mirror untuk bantu melihat blind spot. Ada pula Seat Air Suspension yaitu kursi pengemudi dengan suspensi agar pengemudi lebih nyaman. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang