Indonesia Ditargetkan Jadi Pasar Terbesar Hino Secara Global pada 2025

Berita Otomotif

Indonesia Ditargetkan Jadi Pasar Terbesar Hino Secara Global pada 2025

JAKARTA – Indonesia diproyeksikan dapat melampaui Jepang untuk menjadi pasar terbesar Hino secara global, lima tahun dari sekarang.

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), menjelaskan saat ini Indonesia adalah pasar terbesar kedua dari merek tersebut di dunia. Posisi itu masih sama dengan ketika Mobil123.com mewawancarainya pada November 2018 di Jatake, Tangerang.

Santiko sendiri percaya diri bahwa Indonesia bisa menjadi pasar nomor wahid Hino. Ambisi ini sudah dimasukkan dalam rencana jangka panjang HMSI.

“Kami harapkan di 2025,” ucap dia ketika ditemui di sela-sela pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020, 5 – 8 Maret di Senayan, Jakarta.

Indonesia, lanjut Santiko, punya potensi penjualan mobil yang besar. Dengan penjualan mobil nasional yang sudah menembus 1 juta unit, persebaran penjualan masih jauh dari kata merata.

“Kita lihat saja, penjualan di Pulau Jawa masih sekitar 45 – 50 persen secara total pasar. Kalau nanti infrastruktur transportasi di Pulau Sumatera dibesarkan, proyek Tol Trans Sumateranya berjalan, kemudian Pulau Kalimantan dikembangkan, Sulawesi dikembangkan, dan pulau-pulau lainnya juga, pasti bisa. Potensi Indonesia cukup besar,” papar dia.

Adapun negara dengan penjualan Hino terbesar sejagad saat ini, menurut Santiko, adalah Jepang. Akan tetapi, selisihnya tak terlampau jauh dari Indonesia.

“Kira-kira selisihnya 20 persen di atas kita. Jepang ini, kan, gara-gara mau ada Olimpiade Tokyo 2020 saja. Setelah itu mungkin akan turun,” nilainya.

Data wholesales Gaikindo menunjukkan Hino secara total menjual 31.068 unit truk dan bus pada 2019. Dengan volume tersebut, mereka berhasil menjadi merek kendaraan roda empat atau lebih terlaris ketujuh Indonesia, menyempil di antara merek-merek mobil penumpang.

Sayangnya, Santiko tidak membeberkan berapa proyeksi penjualan Hino di Nusantara pada 2025. Mereka hanya menyebut bakal melanjutkan strategi saat ini yaitu memberikan produk yang sesuai dan tangguh, memberikan pelayanan purnajual ‘Total Support’ yang mudah dan terjangkau, juga menyempurnakan jaringan logistik untuk para konsumen.

“Saat ini kami punya 178 dealer di Indonesia. Hanya di Kalimantan Utara yang belum ada. Dealer akan tetap jumlahnya, tapi outletnya saja yang kami tambahkan,” tutup dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar