4 Hal Soal All-New Nissan Grand Livina yang Terungkap Sebelum Peluncuran

Berita Otomotif

4 Hal Soal All-New Nissan Grand Livina yang Terungkap Sebelum Peluncuran

JAKARTA – All-New Nissan Grand Livina belum juga meluncur. Tapi informasi-informasi mengenainya sudah ada yang beredar ke publik, baik dari sumber resmi maupun dari tenaga penjual dealer yang tak dikonfirmasi oleh Nissan.

Jika ditanyakan mengenai apa mobil baru Nissan yang paling ditunggu pasar Indonesia, jawabannya mungkin adalah Grand Livina terbaru. Pasalnya, multi purpose vehicle (MPV) merupakan model kendaraan terfavorit di Tanah Air dan Grand Livina adalah tulang punggung penjualan Nissan yang sudah bertahun-tahun tidak mendapatkan pembaruan.

Penantian itu sendiri akan berakhir tahun ini. Berikut beberapa hal mengenai All-New Grand Livina yang sudah bisa dipaparkan ke publik:

1. Memakai Platform Mitsubishi Xpander
Pada 2017, Osamu Masuko, Chief Executive Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation, dalam wawancara dengan penulis di pameran GIIAS mengungkapkan Nissan akan menggunakan platform Mitsubishi Xpander—yang ketika itu baru meluncur di Indonesia—untuk MPV terbaru mereka. Produksinya juga dilakukan di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi.

Tak heran, media massa nasional memberikannya julukan-julukan seperti Mitsubishi Xpander versi Nissan. Tenaga penjual dealer pada awal tahun ini menjelaskan MPV itu adalah All-New Grand Livina.

2. Produksi Awal 2019, Meluncur 19 Februari
Di dalam kunjungannya pada akhir tahun lalu, Osamu Masuko membeberkan produksi MPV Nissan berplatform Xpander mulai dilakukan awal 2019. Nantinya, mesin  Xpander (sekaligus mesin All-New Grand Livina) dibuat di fasilitas perakitan Nissan di Indonesia pada 2020.

Pekan lalu, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) kemudian mengirimkan undangan peluncuran MPV pada 19 Februari. Menurut tenaga penjual dealer, itulah tanggal peluncuran All-New Grand Livina. Hal ini sedikit berbeda dari perkiraan awal dari dealer yang mengatakan peluncuran terjadi pada Maret.

3. Bertampang Mirip Xpander
Pada pekan lalu, muncul dua foto mobil yang diduga merupakan All-New Grand Livina. Gambar-gambar ini menampilkan fascia depan sangat mirip Xpander, tapi menampilkan grille depan V-Shape khas Nissan.

Warna mobil diduga All-New Grand Livina di dalam foto ini juga sama dengan sport utility vehicle (SUV) Nissan Terra yaitu Earth Brown. Tentu saja NMI menolak mengomentari foto ini.

4. Sedikit Lebih Murah dari Xpander
Tenaga penjual dealer Nissan menjelaskan bahwa Grand Livina terbaru dijual dengan harga tidak sampai Rp 200 juta untuk varian termurah. Sementara Xpander varian termurah kini dibaderol Rp 206,1 juta. Sementara varian-varian di atasnya dikabarkan akan bermain di rentang harga yang sedikit di atasnya tapi masih di kisaran Rp 260 juta-an. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar