Mitsubishi Xpander Versi Nissan Grand Livina Meluncur Maret 2019

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Versi Nissan Grand Livina Meluncur Maret 2019

JAKARTA – All-New Nissan Grand Livina yang memakai platform Mitsubishi Xpander dikabarkan meluncur pada akhir kuartal pertama di Indonesia.

MPV baru Nissan yang memanfaatkan platform Xpander memang sudah dinanti-nanti sejak kabar tersebut diungkap pada 2017 oleh Osamu Masuko, Chief Executive Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation saat berkunjung ke Indonesia. Kabar terbaru, seperti dijelaskan seorang tenaga penjual dealer resmi Nissan di area Jakarta Selatan kepada Mobil123.com pada Senin (7/1/2019) sore, MPV tersebut bakal meluncur pada Maret nanti.

MPV ini sendiri adalah Nissan Grand Livina generasi terbaru. Menurut sang pramuniaga, saat ini pihaknya belum menerima inden.

Penerimaan inden baru bakal dilakukan pada Februari. Tenaga penjualan yang diwawancara tidak menyebutkan kisaran harga jual All-New Grand Livina.

“Tanda jadi Rp 5 juta,” ujarnya singkat.

Perbincangan mengenai All-New Grand Livina juga sudah terjadi di media sosial, salah satunya grup Facebook ‘Nissan Livina Club’. Sedikit berbeda dengan informasi yang didapatkan Mobil123.com dari dealer, diskusi para anggota grup menyebut All-New Grand Livina sudah bisa dipesan dari Januari, sedangkan peluncurannya baru terjadi pada Maret.

Bahkan, seorang anggota grup bernama Sindhu Wahono mengunggah gambar siluet Grand Livina generasi terbaru.

“New Livina pesan sekarang hanya di Nissan Datsun Sunter,” kata tulisan di foto tersebut.

Hana Maharani, Head of Communications PT. Nissan Motor Indonesia (NMI), menolak mengomentari informasi dari dealer plus media sosial.

“Kami tidak bisa berkomentar untuk rumor. Tunggu saja, ya,” pungkasnya.

Kolaborasi platform antar kedua pabrikan bisa dilakukan setelah 34 persen saham Mitsubishi diakuisisi oleh Nissan pada akhir 2016. Selain penggunaan platform Xpander, Nissan diketahui juga akan menggunakan platform Mitsubishi Triton pada model double cabin Navara.

Osamu Masuko, dalam wawancara terbatas di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, mengatakan MPV Nissan berplatform Xpander nantinya diproduksi di pabrik Mitsubishi di Cikarang, Bekasi. Kemudian, dalam interviu di sela-sela kunjungannya ke Jakarta pada Oktober 2018, Masuko membeberkan produksi ‘Mitsubishi Xpander versi Nissan’ tersebut rencananya dilakukan pada awal 2019.

Sayang, saat itu ia tidak bersedia menyebut rincian waktu produksi.

Nissan baru kembali aktif meluncurkan produk di Indonesia mulai 2018 yaitu Datsun Cross, setelah vakum beberapa tahun. Pabrikan asal Jepang ini sendiri berjanji akan agresif mengaspalkan produk-produk baru di Tanah Air dimulai dari model tersebut.

Karena cukup lama absen meluncurkan produk baru, Nissan harus menghadapi penurunan penjualan dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2018, salah satu pemegang saham NMI yakni Indomobil Group melepas saham dengan alasan merek ini sudah rugi bertahun-tahun dan membebani neraca keuangan serta pembagian dividen. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support