Yamaha BWS 125, Matanya Besar Harga lebih Mahal dari Nmax

Berita Otomotif

Yamaha BWS 125, Matanya Besar Harga lebih Mahal dari Nmax

TAIPEI – Yamaha Motor meluncurkan BWS 125 sebagai skutik petualang dengan desain yang unik.

Sebagai salah satu pasar skutik terbesar di dunia, Taiwan kerap menjadi basis peluncuran produk-produk global. Setelah mencuri perhatian dengan Vinoora yang memiliki desain tidak biasa, pabrikan motor berlambang Garpu Tala ini mengahdirkan skutik petualang dengan daya tarik dari tampilannya.

Jika di Indonesia skutik petualang Yamaha mengandalkan X-Ride, di Taiwan mereka menawarkan BWS 125 yang tampilannya lebih atraktif. Dengan bodi serba kotak, memberikan kesan tegas dan kokoh pada kendaraan. Paling menarik bentuk headlampnya yang terdiri dari dua lampu berbentuk bulat. Namun kedua lampu tersebut dimensinya berbeda sehingga memisahkan tugas lampu utama dan senja.

Motor ini belum menerapkan teknologi LED untuk penerangan. Namun dari bentuk dan modelnya mengingatkan kami dengan motor petualang tangguh seperti BMW GS dan Triumph Tiger. Setang atau alat kemudinya dibiarkan telanjang guna menambah kesan tangguh pada kendaraan.
Yamaha BWS
Dari segi dimensi, Yamaha BWS 125 memiliki dimensi panjang 1.920 mm, lebar 760 mm dan tinggi 1.150 mm. Kuda besi ini memiliki tinggi jok 785 mm dari tanah. Sementara wheelbasenya 1.340 mm dan beratnya 127 kilogram. Adapun skutik petualang ini mampu menampung bahan bakar sebanyak 6.1 liter, sehingga penggunanya lebih percaya diri beraksi di alam bebas.

Yamaha BWS 125 mengadopsi panel meter digital yang menampilkan spidometer, takometer, penunjuk bahan bakar, odometer, tripmeter dan average penggunaan bahan bakar. Bagian ini juga terdapat beberapa indikator seputar mesin.

Skutik baru Yamaha Taiwan ini memiliki bagasi yang cukup luas. Hal ini karena tangki bahan bakar ditempatkan di bawah dek depan. Metode ini juga diaplikasikan pada Yamaha Freego di Indonesia. Sehingga saat mengisi bensin, konsumen tidak perlu turun dari kendaraan.
Yamaha BWS

Pada belakang jok terdapat handle besi yang sudah disediakan dudukan untuk menempatkan boks tambahan. Sementara dek kendaraan ini juga terbilang luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk membawa barang belanjaan.

Yamaha BWS 125 menggunakan mesin bensin 125 cc dengan teknologi Blue Core dan VVA (Variable Valve Actuation). Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai besaran tenaga yang mampu dihasilkan skutik petualang ini. Sementara harga BWS 125 Rp 44 juta atau lebih mahal dari Yamaha Nmax di Indonesia yang termahalnya Rp 33 jutaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar