5 Pilihan Skutik 150 cc Terbaik di Indonesia

Berita Otomotif

5 Pilihan Skutik 150 cc Terbaik di Indonesia

JAKARTA – Skutik 150 cc di Indonesia cukup banyak pilihannya sehingga menguntungkan konsumen.

Masyarakat yang tinggal di kota-kota besar saat ini tengah mengandrungi sepedamotor jenis skuter matik atau skutik. Kendaraan roda dua jenis ini cukup praktis dan dapat diandalkan sebagai alat transportasi beraktivitas sehari-hari.

Berdasarkan data statistik Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), distribusi domestik skutik mendominasi hingga 86.7 persen medio Januari 2020. Sebanyak 401.501 unit skutik terjual di Tanah Air dari berbagai merek, model hingga varian.

Tidak hanya di Indonesia, peredaran skutik juga terus meluas di berbagai negara. Terbukti kendaraan jenis ini terus berkembang dan kian populer. Pabrikan motor juga melakukan sejumlah inovasi pada produk-produk skutiknya, untuk bisa memenangkan persaingan. Di bawah ini kami sajikan 5 pilihan skutik 150 cc di Indonesia versi Mobil123.com.

  1. Honda PCX 150


Honda PCX pertama kali hadir di Indonesia pada 2010. Kala itu PT Astra Honda Motor (AHM) memboyongnya langsung dari Thailand dan kapasitasnya 125 cc. Dua tahun kemudian, AHM memperkenalkan PCX 150 dan tetap buatan Thailand.

Lalu pada 2018, AHM memperkenalkan PCX 150 buatan Sunter, Jakarta, Indonesia. Dengan mengusung nama all-new PCX 150, skutik berbodi gambot tersebut dipasarkan pada saat itu dengan harga mulai Rp 27 jutaan.

Berbagai fitur terkini disematkan pada skutik racikan Sunter tersebut. PCX 150 lokal sendiri diniagakan dalam dua pilihan tipe yakni ABS dan CBS. Motor yang dikembang dengan tubuh yang besar ini, menyapa para pencinta skutik di Tanah Air dan mendapat respon positif.

Fiturnya antara lain penggunaan lampu LED baik di depan maupun belakang dengan desain futuristik, lampu hazard, Smart Key System yang terintegrasi alarn dan Answer Back, DC socket hingga panel instrumen digital. Fitur unggulan tersebut mampu memikat para calon konsumen di Tanah Air.

Selain itu, PCX 150 juga kerap diandalkan sebagai kendaraan touring. Kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 8 liter cukup menguntungkan para pehobi touring. Lalu bagasi dengan kapasitas 25 liter sangat bermanfaat untuk menyimpan barang bawaan.

Honda juga menawarkan PCX 150 Hybrid yang mengandalkan perpaduan mesin bensin dan motor listrik sebagai sumber dayanya. Penggunanya bisa mengatur mode berkendara sesuai dengan kebutuhan dan kondisi medan jalan.

  1. Yamaha Nmax 155


Meskipun bukanlah yang pertama di Indonesia, Yamaha Nmax 155 bisa dibilang membuka jalan popularitas skutik gambot di Tanah Air. Pertama kali hadir pada 10 Februari 2015, Nmax langsung mendapat respon positif.

Skutik produksi lokal yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 27.4 juta ini cukup menggiurkan. Ditambah lagi fitur yang diusungnya cukup berlimpah. Sebut saja ABS, LED headlamp, dan tekonologi VVA (Variable Valves Actuation) yang membuat kendaraan melaju optimal di setiap putaran mesin.

Beberapa bulan setelahnya hadir Yamaha Nmax 155 tanpa ABS pada 22 Juni 2015. Varian ini dipasarkan dengan harga Rp 23.5 juta on-the road Jakarta. Tidak butuh waktu lama, kuda besi ini langsung laris manis dan mencatat antrian panjang konsumen.

Dua tahun berselang, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan Nmax facelift berikut sejumlah pembaruan. Beberapa kekurangan yang dikeluhkan konsumen selama ini, menjadi fokus pengembangan new Nmax.

Dengan harga Rp 26.3 juta, new Yamaha Nmax mengusung suspensi belakang model tabung. Ini dilakukan guna menjawab keluhan pelanggan selama ini akan kerasnya suspensi skutik gambot tersebut. Suspensi model tabung diyakini mampu memberikan performa lebih stabil dibandingkan sebelumnya.

All-new Yamaha Nmax 155 pertama kali diperkenalkan pada akhir 2019. Bentuknya berubah total dan fitur-fitur yang diusungnya cukup inovatif. Fitur Connected yang menghubungkan motor dengan perangkat smartphone sang pemilik kendaraan, merupakan dobrakan bergengsi dari YIMM untuk para kompetitornya.

  1. Vespa GTS 150


Brand asal Italia ini hadir di Indonesia dengan memboyong nilai-nilai sejarah sebagai ‘mbanya’ motor jenis skuter. Desainnya yang membulat dan menjadi ciri khas dari Vespa nan ikonik, menjadi salah satu daya tarik.

Penggunaan material bodi dari bahan metal atau besi memberikan kesan kokoh pada kendaraan ini. Selain itu, fitur-fitur yang diusung motor juga cukup modern. Salah satunya adalah start and stop yang diklaim bisa menghemat penggunaan bahan bakar.

Unit yang diboyong dari Vietnam ini dipasarkan Rp 58 juta, cukup mahal meskipun mengusung nama besar Vespa. Walhasil peredaran motor ini tidak sebanyak skutik-skutik lain dari produsen Jepang seperti Yamaha dan Honda.

  1. Kymco Like 150i


Diperkenalkan pertama kalinya di ajang IIMS 2019, Kymco Like 150i mencoba peruntungan di Tanah Air dengan menawarkan sejumlah fitur hebat. Skutik berdesain retro modern ini menawarkan fitur Noodoe Technology yang menghubungkan perangkat smartphone dengan sepedamotor.

Salah satu fungsi Noodoe adalah navigasi yang terintegrasi dengan panel instrumen. Fitur ini merupakan satu-satunya di kelasnya dan cukup membantu penggunanya. Noodoe sendiri terhubung dengan ECU sehingga bisa mengetahui beberapa informasi mengenai mesin.

  1. Honda ADV 150


Honda ADV 150 hadir di Indonesia menemani PCX 150. Mesin dan rangka dari kedua motor ini dikatakan serupa meskipun terdapat beberapa perbedaan. Mesinnya 150 cc dan telah dilengkapi teknologi ESP (enhanced Smart Power).

Skutik ini mengusung konsep petualang yang merupakan hasil pengembangan dari X-ADV. Kendaraan ini menawarkan pengalaman berpetualang dengan motor matik. Fiturnya antara lain adalah penggunaan lampu LED dan sistem pengereman ABS. {Dew/Ari]

Berikut daftar harga terbaru skutik 150 cc di Indonesia

  • All-new Honda PCX 150 CBS Rp 29.843.000
  • All-new Honda PCX 150 ABS Rp 32.842.000
  • All-new Honda PCX 150 Hybrid Rp 43.293.000
  • All-new Yamaha Nmax 155 Standard Version Rp 29.750.000
  • All-new Yamaha Nmax 155 Connected/ABS Version Rp 33.750.000
  • Vespa GTS 150 Rp 59.500.000
  • Kymco Like 150i Rp 29.900.000
  • Honda ADV 150 CBS Rp 34.742.000
  • Honda ADV 150 ABS Rp 37.805.000


Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar