Yamaha Vinoora, Skutik Bertampang Jadul Namun Berteknologi Modern

Berita Otomotif

Yamaha Vinoora, Skutik Bertampang Jadul Namun Berteknologi Modern

TAIPEI – Yamaha Taiwan meluncurkan Vinoora sebagai skutik retro gaya baru yang inovatif.

Sebagai produk baru, Vinoora merupakan skutik modern yang berbalut desain tidak biasa. Rancang bangunnya mengingatkan kita pada kendaraan era 60-an. Di Indonesia, bentuk seperti ini mengingatkan dengan kendaraan roda tiga bernama Bemo.

Inti dari manufaktur sepedamotor asal Jepang ini adalah menghadirkan kendaraan bertema new retro (newtro). Lampu utamanya menggunakan dua projector LED berbentuk bulat DRL di sampingnya. Lampu belakangnya pun dibuat sama yakni bulat dengan teknologi LED di dalamnya. Bentuk ini dikatakan memberikan kesan lucu dan menjadi simbol Vinoora ke depannya.

Lekuk bodi motor jenis skutik ini sangat sederhana yang terdiri dari sedikit komponen saja. Pada bagian depan, motor ini hanya terdiri dari satu bodi plastik tanpa sambungan. Spakbor atau fender dibuat menyatu dengan bodi depan mengingatkan seperti motor perang dunia kedua. Sementara bagian belakang juga demikian.

Yamaha Vinoora ditawarkan dalam dua tipe yakni Vinoora dan Vinoora M. Tipe yang terakhir disebut dikatakan melambangkan gaya cowok Inggris nan metroseksual. Gaya baru kendaraan ini diklaim cocok untuk pribadi yang gemar menonjolkan karakternya.
Yamaha Vinoora
Yamaha Vinoora dikatakan merupakan skutik yang memiliki bobot super ringan. Secara total berat kendaraan roda dua ini hanya 94 kilogram. Selain itu, kuda besi ini juga mudah dioperasikan karena ketinggian joknya hanya mencapai 745 mm dari tanah.

Dikataka sebagai motor berteknologi terkini, karena Vinoora telah dilengkapi dengan socket USB pada bagian dalam dek. Posisinya berada di samping kontak motor dan pada bawahnya terdapat konsol penyimpanan hp, sehingga memudahkan konsumen melakukan pengisian ulang baterai gadget.

Selain itu juga terdapat fitur Smart Start System (Smart Motor Generator). Fitur ini sudah diterapkan pada motor-motor keluaran terbaru yang berfungsi meminimalisir getaran dan suara berisik saat menyalakan mesin.
Yamaha Vinoora M
Adapula teknologi Bluecore yang mampu menekan penggunaan bahan bakar secara efisien. Adapun konsumsi bahan bakar motor ini diklaim mencapai 57.7 KM/Liter. Sehingga untuk menempuh jarak Jakarta – Bogor yang 60 KM, Vinoora hanya menghabiskan 1 liter bensin.

Yamaha Vinoora dipersenjatai mesin 125 cc satu-silinder 2V berpendingin udara. Tidak ada keterangan daya maksimum dan torsi dari skutik lucu ini.

Terdapat empat pilihan warna Yamaha Vinoora yakni Aurora Grey, Classic White, Retro Green, dan Texture Blue. Sementara untuk varian M hanya punya satu pilihan warna yaitu British Black.

Harga Yamaha Vinoora dipatok Rp 39.138 jutaan. Sementara harga Vinoora M Rp 40.9 jutaan. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar