Xpander Sukses Pukul Avanza di Filipina

Berita Otomotif

Xpander Sukses Pukul Avanza di Filipina

JAKARTA – Mitsubishi Xpander berhasil menggangu ekspor Toyota Avanza di Filipina.

Berdasarkan data Gaikindo, dari Januari hingga April 2019 Mitsubishi berhasil diekspor sebanyak 5.016 unit ke negara tersebut. Sementara itu Toyota Avanza hanya berhasil di eskpor sebanyak 1.387 unit.

Toyota sendiri mengakui bahwa pada periode Januari-April 2019 jumlah ekspor kendaraan mengalami penurunanan sebesar 6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tercatat, pada empat bulan pertama 2019, Toyota hanya berhasil mengekspor sebanyak 61.600 unit, turun dibandingkan ekspor di periode yang sama tahun lalu sebesar 65.700 unit.

Meski mengalami penurunan namun jumlah tersebut tetap jauh lebih besar ketimbang Mitsubishi yang hanya mengekspor Xpander. Total ekspor Mitsubishi di empat bulan pertama hanya mencapai 17.640 unit.

Dari total volume ekspor CBU bermerek Toyota, kontributor terbesar masih dipegang oleh model Sport Utility Vehicle (SUV) Fortuner dengan volume 14.400 unit atau 23% dari total volume ekspor, disusul oleh Rush dengan volume 12.600 unit (20%), serta Agya di tempat ke tiga dengan volume 10.800 unit (18%). Model-model lainnya adalah Vios, 7.500 unit, Avanza 8.400 unit, Kijang Innova, Sienta, Yaris serta Town Ace/Lite Ace dengan total volume 7.900 unit.

Menghadapi kondisi tersebut, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) membuat divisi khusus yang bertugas mencari pasar-pasar tujuan ekspor baru sebagai upaya dalam menjawab tantangan tersebut. Dengan demikian diharapkan ekspor kendaraan Toyota tahun ini masih akan dapat memenuhi target yang diharapkan.

“Kami masih optimis target pertumbuhan di atas 5% dapat tercapai. Mulai pertengahan tahun, akan ada ekspansi ekspor ke beberapa negara tujuan baru di kawasan Amerika Tengah. Ditambah adanya permintaan fleet order dari negara-negara Timur Tengah diharapkan bisa membantu tercapainya target yang ditetapkan,” terang Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support