Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Xpander Paling Banyak Diekspor Hingga Febuari 2019, Kalahkan Fortuner

Berita Otomotif

Xpander Paling Banyak Diekspor Hingga Febuari 2019, Kalahkan Fortuner

JAKARTA - Mitsubishi Xpander menjadi mobil yang paling banyak diekspor utuh (Completely Built-Up/CBU) dari Indonesia pada dua bulan pertama 2019, mengalahkan Toyota Fortuner yang biasanya selalu menjadi nomor satu. Akan tetapi, urusan merek, Toyota tetap paling unggul.

Xpander, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), membukukan volume ekspor 10.134 unit sepanjang Januari - Februari 2019. Low multi purpose vehicle (LMPV) yang menjalani debut globalnya di Indonesia pada Agustus 2017 itu dikapalkan ke delapan negara yaitu Vietnam, Thailand, Filipina, Bolivia, Bangladesh, Srilanka, Kamboja, Peru.

Fortuner menguntit di tempat kedua dengan total volume 7.554 unit. Akan tetapi, sport utility vehicle (SUV) ini mengungguli Xpander soal jumlah negara tujuan ekspor.

Pesaing berat Mitsubishi Pajero Sport tersebut diekspor ke 29 Negara. Mereka adalah Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Oman, Kepulauan Solomon, St. Lucia, Tahiti, Vanuatu, Bahrain, Ekuador, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Qatar, Arab Saudi, UEA, Fiji, Maroko, P.N.G, Antiqua, Bangladesh, Kepulauan Cayman, Guyana, Jamaika, Peru, Yaman.

Komoditas ekspor terbanyak ketiga di industri otomotif nasional adalah Toyota Rush dengan 4.789 unit. Posisi keempat maupun kelima sama-sama diisi jagoan dari merek yang sama yakni Toyota Wigo (Agya) sebanyak 4.534 unit serta Toyota Avanza dengan 4.046 unit.

Toyota Paling Unggul
Bicara merek, Toyota paling banyak melakukan ekspor. Ini terjadi karena salah satu pabrikan terbesar dunia asal Jepang ini punya lebih banyak komoditas ekspor dibanding merek-merek lainnya.

Secara total, ada sembilan model yang diekspor yakni Fortuner, Innova, Sienta, Vios, Yaris, Town Ace/Lite Ace, Avanza, Rush, Wigo. Mereka diproduksi oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ataupun dengan bantuan ‘sang saudara’ PT. Astra Daihatsu Motor.

Lebih lanjut, pada Januari - Februari 2019, Toyota mengekpor 28.380 unit. Mitsubishi berada di peringkat kedua dengan hanya berbekal Xpander.

Suzuki berada di tempat ketiga dengan 5.559 unit. Komoditas ekspor Suzuki adalah APV plus All-New Ertiga.

Hyundai di peringkat keempat dengan volume 720 untuk ekspor H-1. Pabrikan truk Hino ada di posisi kelima sekaligus paling buncit dengan 320 unit.

Secara total, ekspor CBU dari kelima merek tersebut mencapai 45.114 unit. [Xan/Ari]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang