Fortuner Jadi Model Terlaris Toyota di Pasar International

Berita Otomotif

Fortuner Jadi Model Terlaris Toyota di Pasar International

JAKARTA - Fortuner berhasil bantu PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk meningkatkan jumlah ekspor kendaraannya di periode Januari-Maret 2019.

Tercatat, TMMIN berhasil meningkatkan jumlah ekspornya menjadi 46.130 unit  atau naik sebesar 2 persen dari sebelumnya 45.350 unit pada periode yang sama tahun lalu. Dari jumlah tersebut, Toyota Fortuner menjadi model terbanyak yang diserap pasar international.

“Sejak 5 tahun terakhir, Fortuner menjadi model SUV penyumbang terbesar bagi ekspor Toyota Indonesia. Di 2019, Toyota menargetkan pertumbuhan ekspor di atas 5% meski situasi makro ekonomi dunia masih tidak menentu. Saat ini kami fokus untuk mencari pasar-pasar ekspor non tradisional baru untuk mencapai target tersebut,” ujar Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN.

TMMIN menyebut bahwa Fortuner berhasil diekspor sebanyak 11.165 unit atau 24 persen dari total ekspor CBU kendaraan Toyota. Jumlah tersebut disusul oleh Rush sebanyak 8.800 unit (19 persen), Agya mencapai 8.600 unit (18 persen), Vios dengan 5.500 unit, Avanza 5.780 unit, Town Ace/Lite Ace dengan 3.715 unit serta Innova, Sienta dan Yaris dengan total 2.570 unit.

Selain mengapalkan kendaraan utuh bermerek Toyota, TMMIN turut pula mengirimkan kendaraan setengah jadi/Complete Knock-Down (CKD), mesin utuh, serta komponen kendaraan. Hingga Maret 2019, TMMIN berhasil mengekspor CKD sebanyak 9.900 unit, mesin utuh bensin sebanyak 25.750 unit, mesin utuh etanol sejumlah 2.360 unit, serta komponen kendaraan sebanyak 26 juta unit. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support