Wuling Masih Agresif, Tahun Ini Ingin Punya 120 Dealer di Indonesia

Berita Otomotif

Wuling Masih Agresif, Tahun Ini Ingin Punya 120 Dealer di Indonesia

JAKARTA – Wuling melanjutkan agresivitas mereka di pasar otomotif Indonesia tahun ini, antara lain dari sisi penambahan dealer. Pabrikan asal China tersebut pada 2019 ini ingin jumlah dealer mereka menjadi 120 outlet.

Dian Asmahani, dalam acara Temu Awal Tahun dengan Media Massa, menjelaskan bahwa pada akhir 2018 mereka sudah berhasil membangun 91 dealer di Indonesia. Jumlah itu melebihi target 80 dealer yang ditetapkan di awal tahun tersebut.

Ke-91 dealer Wuling mencakup 76 persen area Indonesia. Titik terjauh yang sudah disambangi jaringan penjualan mereka adalah Manado, Sulawesi.

“Target kami adalah memiliki 120 unit di tahun ini. Saya ingin dealer kami ada di semua provinsi di Indonesia,” tandas Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, Marketing PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia di menjawab pertanyaan Mobil123.com di Bogor, Sentul.

Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Indonesia, mengaku pihaknya tak mematok target penjualan pada 2019. Ini karena fokus mereka saat ini masih sama dengan tahun lalu dan itu bukanlah penjualan.

“Tahun ini kami akan perbanyak dealer lagi. Fokus kami, karena belum juga berusia dua tahun di Indonesia, adalah menambah dealer dan perkuat layanan purnajual selain juga penambahan produk,” paparnya.

Sebagai informasi, Wuling datang ke Tanah Air dengan terlebih dahulu membangun pabrik di Cikarang, Bekasi pada 2015 sejak 2017. Pada 2017 mereka lalu meluncurkan multi purpose vehicle (MPV) Confero 1.5-liter dan membukukan penjualan wholesales 5.050 unit.

Pada 2018 mereka berturut-turut merilis MPV Cortez 1.8-liter, Cortez 1.5-liter, Formo 1.2-liter. Penjualan meroket menjadi 17.002 unit dan masuk ke 10 besar merek mobil terlaris nasional. Jumlah itu meleset dari target awal 30 ribu unit, tapi mereka kemudian tak mengindahkannya karena ingin fokus ke penyebaran jaringan.

Tahun ini Wuling akan meluncurkan sport utility vehicle (SUV) pertama mereka di Tanah Air yang bernama Almaz di kuartal pertama. Namun, SUV yang namanya diambil dari bahasa Arab itu sudah diperkenalkan dalam pertemuan awal tahun.

Wuling juga akan menyegarkan lagi MPV-MPV mereka. Kemungkinan, salah satunya adalah Cortez 1.5-liter varian transmisi otomatis. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar