Wuling Formo Siap Tantang Daihatsu Gran Max

Berita Otomotif

Wuling Formo Siap Tantang Daihatsu Gran Max

JAKARTA - Wuling Formo, multi purpose vehicle (MPV) bermesin kecil yang sudah dijanjikan sejak Juli 2017, akhir resmi mengaspal dengan banderol on-the-road Jakarta termurah Rp 135,8 juta. MPV ini fokus mengincar 'kue' pasar mobil niaga yang dimainkan oleh Daihatsu Gran Max.

Formo, yang meluncur pada Rabu (7/11/2018), menjadi satu-satunya model Wuling yang khusus menyasar segmen kendaraan niaga ringan. Semua MPV sebelumnya yaitu Confero 1.5-liter, Cortez 1.8-liter, Cortez 1.5-liter dikembangkan dan dipasarkan sebagai kendaraan penumpang.

“Melihat ekonomi Indonesia yang terus tumbuh dan berkembangnya peluang-peluang usaha, Wuling kini memperkenalkan kendaraan komersial melalui Formo,” ucap Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, and Marketing PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Wuling dalam seremoni peluncuran pada Rabu (7/11/2018) di ITC Cempaka Mas, Jakarta.

Formo terdiri dari dua varian yaitu blind van serta minibus. Varian minibus tersedia dalam opsi tujuh atau delapan penumpang.

Blind van dijual dengan harga Rp 135,8 juta, begitu pula dengan minibus delapan penumpang. Sementara,varian minibus tujuh penumpang ditawarkan dengan Rp 136,8 juta.

Cai menjelaskan Formo berbasis sama dengan Confero. Karena itu pula, Formo menggunakan sistem penggerak roda belakang yang menjadi salah satu keunggulannya.

“Ini adalah mobil pertama di segmennya (blind van) yang menggunakan mesin di depan dan penggerak roda belakang. Kami memberikan pilihan baru yang lebih nyaman kepada para pengusaha,” tandasnya.

Formo menggunakan mesin bensin 1.206 cc, empat silinder, dengan transmisi manual lima percepatan. Gelontoran tenaganya, menurut Danang Wiratmoko, Product Planning SGMW Indonesia, mencapai hingga 77 hp di 5.600 rpm dengan torsi puncak 110 Nm di  3.600 – 4.000 rpm.

Dimensinya sendiri 1.715 mm (tinggi), 4.493 mm (panjang), 1.691 mm (lebar). Dan untuk kapasitas kargo Formo blind van adalah 3.200 liter dan beban angkutnya mencapai 595 kg.

Seluruh variannya mempunyai fitur Electronic Power Steering, Meter Cluster with Multi Information Display (MID), sabuk pengaman untuk seluruh kursi, Head Unit berkemampuan AM, FM, USB Port, 12V Power Outlet, Air Conditioner, Center Console, Power Window. Pelek 15 inchi di dua varian Formo juga masih menggunakan tipe kaleng.

Suspensi depan dipercayakan paa McPherson Strut, Coil Spring sedangkan kaki-kaki belakang menggunakan Coil  Spring, Semi-Independent. Rem depan memakai cakram sedangkan rem belakang bertipe drum. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support