Ujian Praktek SIM akan Gunakan Teknologi Canggih

Berita Otomotif

Ujian Praktek SIM akan Gunakan Teknologi Canggih

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menyiapkan ujian praktik berbasis elektronik yang dinamakan electronic driving system (e-drive) bagi para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dengan ini maka saat ujian praktek, pemohon harus melalui sebuah rute yang di kanan kirinya terdapat patok. Patok tersebut sudah dilengkapi dengan sensor yang terhubung dengan ruang kontrol Jika pemohon menyentuh patok, maka sensor otomatis mengirim informasi pada petugas di ruang kontrol.

“Petugas akan mengetahui pengemudi yang menyentuh patok sehingga terjadi kesalahan,” tegas Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar.

Selain itu, e-drive juga bisa menghitung kecepatan pengemudi ketika menjalani ujian praktik. Dengan demikian diharapkan kecepatan kendaraan saat ujian juga bisa lebih terjaga dan membuat pemilik SIM lebih peka terhadap kecepatan berkendara.

Sayangnya, sistem ini tidak bisa disebutkan secara lebih detail karena belum dilakukan peluncuran. Meski demikian, Fahri yakin peluncuran akan dilakukan dalam waktu dekat dan siap diaplikasikan ke seluruh Indonesia.

Sebelumnya, pihak Kepolisian telah menunjukkan bahwa mereka terbuka terhadap teknologi digital yang belakangan ini semakin marak. Salah satunya adalah dengan meluncurkan Smart SIM yang telah dilengkapi dengan beragam keunggulan dibandingkan SIM sebelumnya.

Smart SIM mampu menyimpan berbagai data forensik serta merekam pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara. Dengan data-data tersebut maka diharapkan masyarakat bisa lebih patuh dalam berkendara di jalan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support