Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Smart SIM Resmi Diluncurkan

Berita Otomotif

Smart SIM Resmi Diluncurkan

JAKARTA – Setelah sebelumnya melakukan pengenalan, Korps Lalu Lintas Polri resmi meluncurkan Smart SIM.

Smart SIM desainnya sedikit berbeda bila dibandingkan dengan sebelumnya namun memiliki beberapa manfaat tambahan yang diyakini dapat memudahkan masyarakat. Sedikitnya ada empat keunggulan utama dari Smart SIM.

“Pertama sebagai legistimasi kompetensi, artinya hanya orang-orang tertentuk yang memiliki atau lulus dari kompetensi bisa mendapatkannya. Kedua, Smart SIM juga berfungsi sebagai identitas, artinya data yang ada sesuai sepenuhnya dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) justru ditambah,” tegas Irjen Pol. Drs Refdi Andri M.Si., Kakorlantas Polri.

Keunggulan yang ketiga adalah Smart SIM menjadi sarang pengendali atau sebagi langkah antisipasi sehingga tercipta Kamsebtibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas). Fungsi ini juga termasuk mencatat pelanggan dan kecelakaan yang dilakukan oleh pemilik SIM. Sementara untuk fungsinya yang keempat adalah sebagai data forensik.

Kakorlantas meyakini, kegunaan dari data tersebut akan sangat berfungsi untuk penyelidikan dan penyidikan bila ada kasus-kasus yang terjadi.

“Kedepannya akan kita lihat perkembangan apa yang sudah kita lakukan ini, dan kita akan melakukan evaluasi serta menerima kritikan dari masyarakat sebagai bahan penyempurnaan atas apa yang telah kita lakukan ini,” imbuhnya.

Selain memiliki empat keunggulan utama, Smart SIM juga bisa dijadikan sebagai uang elektronik. Ini karena Kepolisian sudah bekerjasama dengan sejumlah bank Nasional sehingga pemilik SIM bisa membayar tol dengan lebih mudah. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang