Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Mudah Membuat Smart SIM

Panduan Pembeli

Cara Mudah Membuat Smart SIM

JAKARTA - Korps Lalu Lintas Polri baru saja meluncurkan Smart SIM dan berikut cara mudah membuatnya dengan program SIM Online yang sebelumnya sudah dikenalkan pada tahun 2015.

Peluncuran kembali SIM Online ini membawa beberapa pengembangan dibandingkan dengan peluncuran perdananya di tahun 2015. Salah satu pengembangan utamanya adalah seluruh Indonesia sudah bisa mengaplikasikannya.

Ini karena SIM Online sudah terhubung pada 34 polda, tersebar di 456 Satpas, 378 Sim keliling dan 55 gerai SIM. Seluruh pelayanan SIM pun kini sudah terintegrasi dengan pusat data SIM di Korlantas Polri.

SIM Online memudahkan masyarakat untuk mendaftar pembuatan dan perpanjangan SIM. Dengan melakukan registrasi SIM Online, maka masyarakat tidak perlu lagi antri dan mengisi formulir pendaftaran yang cukup memakan waktu.

Pemohon SIM cukup membuka Korlantas.polri.go.id kemudian pilih pelayanan. Pilih registrasi online dan klik SIM online. Pemohon cukup mengisi data permohonan seperti jenis permohonan (SIM baru atau perpanjangan) golongan SIM, alamat email, Polda kedatangan, Satpas kedatangan hingga alamat Satpas.

Masukkan data induk KTP Elektronik saat pengisian data pribadi.  Pada kolom nomor teleon, pemohon wajib untuk memasukkan nomor yang aktif karena akan dijadikan database Smart SIM. Jika memasukkan data yang salah, maka Smart SIM tidak bisa diaktifiasi.

Pilih tanggal kedatangan dan klik setuju untuk persetujuan registrasi. Lalu lakukan pembayaran registrasi SIM Online di bank BRI dengan memasukkan kode bayar yang tertera pada website. Waktu pembayaran hanya 3 jam dari registrasi, jika tidak maka pemohon harus melakukan registrasi dari awal lagi.

Setelah melakukan pembayaran, kode regisitrasi akan dikirim secara otomatis melalui SMS dan email. Dengan registrasi SIM Online melalui web, pemohon tidak perlu antri. Pemohon cukup mengikuti prosedur penerbitan SIM mulai dari melakukan identitifikasi dan verifikasi, ujian teori, ujian keterampilkan mengemudi hingga uji praktek kemampuan mengemudi.

[Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang