Toyota Supra Transmisi Manual Dalam Tahap Pengembangan

Berita Otomotif

Toyota Supra Transmisi Manual Dalam Tahap Pengembangan

MADRID – Toyota Supra generasi terbaru kemungkinan bakal memiliki varian transmisi manual yang akan dipasarkan di negara-negara dengan regulasi setir kanan. Semua ini masih dalam pertimbangan dan belum ada keputusan final dari sang pabrikan.

Toyota Supra dengan transmisi manual, seperti dikabarkan Carscoops beberapa waktu lalu,  sedang dalam tahap pengembangan. Kendati begitu, Toyota tidak mengungkapkan tipe girboks manual yang kemungkinan disematkan pada generasi terbaru daru mobil sport legendaris ini.

“Ya, kami mengembangkannya. Sudah ada peranti kerasnya,” tandas Masayuki Kai, Assistant Chief Engineer for Supra, menjawab pertanyaan media massa dalam acara Global First Drive Supra di Madrid, Spanyol.

Jika jadi diwujudkan, varian tersebut tidak menyasar Amerika Serikat atau Eropa. Pasalnya, Toyota baru berpikir untuk menerjunkan Supra bertransmisi manual di negara-negara setir kanan.

Salah satu negara yang pasti mendapatkannya jika palu sudah diketuk adalah Jepang. Di dalam wawancara, Kai tidak bersedia menyebutkan negara-negara setir kanan yang menjadi target selanjutnya di luar Jepang. Tapi, kalau boleh berasumsi, banyak pasar setir kanan potensial selain ‘Negeri Sakura’ semisal Australia, Britania Raya, Afrika Selatan, plus Asia Tenggara.

“Pengenalan Supra transmisi manual belum benar-benar diputuskan. Perlu tidaknya transmisi manual pada Supra direalisasikan tergantung respons balik dari pasar,” tukasnya.

Sebagai informasi, Supra termutakhir menjalani debut global di Geneva Motor Show 2018, Maret silam. Produksi dan distribusi Supra ke pasar global rencananya dilakukan pada semester satu 2018.

Supra dikembangkan oleh Toyota bersama-sama dengan BMW. Tak heran, mobil ini berbagi komponen dengan BMW Z4, yang baru saja muncul pertama kali di Monterey Car Week 2018, akhir Agustus. Supra serta Z4 pun akan sama-sama dirakit oleh pihak ketiga yaitu Magna Steyr di Austria.

Ada dua opsi mesin pada Supra 2019 yaitu 3.0-liter turbo enam silinder 335 hp dari BMW atau 2.0-liter empat silinder 260 hp. Kedua mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar