BMW Z4 Terbaru Akhirnya Muncul di Hadapan Publik

Berita Otomotif

BMW Z4 Terbaru Akhirnya Muncul di Hadapan Publik

CALIFORNIA – BMW Z4, yang dikembangkan bersama-sama dengan Toyota Supra, menjalani debut global di Monterey Car Week 2018. Sebuah langkah terbaru BMW yang telah dinantikan para car enthusiast di seluruh dunia.

Z4 menampakkan diri di ajang otomotif kesohor yang berlangsung di Pebble Beach pada akhir Agustus 2018. Mobil sport tersebut merupakan proyek gabungan BMW dengan Toyota.

‘Saudara’ Z4 yaitu Supra sudah lebih dahulu muncul dalam Geneva Motor Show 2018, Maret silam. Baik Z4 maupun Supra sama-sama diproduksi oleh pihak ketiga yaitu Magna Steyr di Austria.

Yang muncul di Monterey Car Week 2018 sendiri merupakan Z4 M40i First Edition, edisi spesial dengan volume terbatas. Detail varian lengkap Z4 baru akan dibeberkan dalam Paris Motor Show 2018, 4 – 14 Oktober mendatang, sementara pengirimannya bakal dimulai musim semi 2019.

Z4 M40i First Edition diperlihatkan persis setahun setelah debut Z4 Concept di pagelaran yang sama. Bodinya tampak dibaluri cat berwarna Frozen Orange Metallic plus High Gloss Shadow Line Package. Pada fascia depan, terdapat kidney grille khas BMW dengan kisi-kisi yang berdesain seperti jaring.

Di bagian depan terdapat pula lubang aliran udara besar, lampu berteknologi adaptive LED dengan fungsi matrix untuk high beam, serta garis-garis karakter menonjol pada bonnet. Z4 M40i First Edition juga memperlihatkan pelek alloi 19 inchi dan atap soft top. 

Beralih ke interior, kulit Vernasca berwarna hitam tampak mendominasi ruang dan diperkaya BMW Head-Up Display (pertama kalinya ada di roadster BMW), BMW Live Cockpit Professional, Electrically Adjustable Seats with Memory Function. Tak ketinggalan sistem audio papan atas sebagai penunjang kenyaman berkendara dihadirkan oleh Harman Kardon. 

Dari balik bonnet, roadster ini dipersenjatai mesin bensin enam silinder segaris bertenaga puncak 340 hp. Ada pula setelan suspensi sports plus damper (peredam) yang dikontrol secara elektronik, sistem pengereman M Sports, serta M Sports differential yang dikontrol pula secara elektronik.

Titik gravitasinya rendah, dengan distribusi berat 50:50 antara axle. Dan BMW selanjutnya mengeluarkan data klaim pada beberapa sisi.

Mulai dari akselerasi 0-100 km/jam yang konon dapta digapai hanya dalam 4,6 detik. Konsumsi bahan bakar Z4 M40i First Edition mencapai rata-rata 13.5 km per liter.hingga produksi emisi gas buangnya 162-168 gram/km (kombinasi). [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual