Toyota Kisahkan Awal Pengembangan Supra Bersama BMW

Berita Otomotif

Toyota Kisahkan Awal Pengembangan Supra Bersama BMW

Genewa – Toyota menceritakan awal terjadinya riset dan pengembangan Toyota Supra generasi kelima bersama dengan BMW. Ternyata, ide pengembangan mobil sport legendaris Toyota ini baru muncul setelah beberapa tahun berdiskusi dengan BMW.

Supra memang menjadi sorotan utama Toyota di Geneva Motor Show 2018 yang dibuka untuk publik mulai hari ini (8 Maret  2018). Di ajang ini, Toyota menekankan niat mereka menghidupkan kembali Supra melalui prototype bernama GT Supra Racing Concept, sebelum versi produksinya hadir di pasar pada semester satu tahun depan.

Chief Engineer Toyota Motor Corporation (TMC) Tetsuya Tada menjelaskan kolaborasi dengan BMW dimulai pada 2012. Kala itu, nama Supra belum muncul di benak Toyota.

“Pada Mei 2012, chairman kami memanggil dan meminta saya pergi ke Jerman. Saya saat itu tak diberikan misi menciptakan ulang Supra. Saya diberitahukan untuk menjajaki kemungkinan riset dan pengembangan gabungan dengan BMW,” papar pria yang berada dibalik  terciptanya Toyota 86 ini.

Diskusi antara Toyota dan BMW pun berjalan semakin dalam. Dan setelah diskusi 2 tahun lamanya akhirnya muncul ide mengenai pengembangan Toyota Supra terbaru.

Di sisi lain, BMW menggunakan kolaborasi dengan Toyota untuk membangun generasi termutakhir dari Z4, yang juga segera diperkenalkan tahun ini. Meski digarap bersama-sama, Toyota menjelaskan Supra dan Z4 merupakan dua model berbeda.

“Toyota Supra berbeda dari Z4. Keduanya merupakan dua kendaraan berlainan. Kedua pihak tidak memulai dengan mencari suku cadang yang bisa dibagi bersama. Kami melakukannya dengan mengutarakan ide masing-masing untuk melihat mobil apa yang bisa kami kreasikan. Setelah itu baru kami berbagi ide tersebut untuk melihat mana komponen yang bisa digunakan bersama,” papar Tada.

Spesifikasi versi produksi Supra belum banyak dibuka ke publik. Beberapa dari sedikit informasi mengenai itu adalah Supra menggunakan sistem penggerak roda belakang dan mesin enam silinder segaris dari BMW.

“Mobil itu benar-benar menyenangkan dikendarai. Mesin di depan, penggerak roda belakang. Dengan konsep itu, Anda bisa mendapatkan banyak kesenangan dan kenikmatan berkendara. Supra asyik di jalan umum maupun di trek, di autobahn (jalan tol Jerman) atau pun pinggir kota Inggris,” aku Tada.

GR Supra Racing Concept kreasi Gazoo Racing sendiri memperlihatkan niat Toyota membawa kendaraan yang pertama kali muncul pada 1978 itu ke ajang balap. Sebelum versi produksinya mengaspal pada paruh pertama 2019, Supra bakal terlebih dahulu muncul di permainan Gran Turismo di Playstation 4 pada April tahun ini. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support