Toyota Supra Transmisi Manual Kreasi Modifikator Segera Hadir dan Dijual

Berita Otomotif

Toyota Supra Transmisi Manual Kreasi Modifikator Segera Hadir dan Dijual

TEXAS - Sebuah rumah modifikasi di Amerika Serikat tak bisa menahan diri untuk membuat sendiri Toyota Supra transmisi manual, karena sang pabrikan sejauh ini merasa cukup untuk hanya menawarkan satu pilihan girboks.

Supra saat ini memang hanya tersedia dalam transmisi otomatis delapan-percepatan. Toyota mengatakan bahwa pihaknya belum berpikir membuat dan menjual versi transmisi manualnya.

European Auto Group (EAG), seperti diwartakan Carscoops beberapa waktu lalu, kemudian berinisiatif membuatnya sendiri. Rumah modifikasi yang bermarkas di Texas itu akan membenamkan girboks manual enam percepatan pada mobil sport ikonik Toyota tersebut.

Sekadar mengingatkan, Supra cukup lama mati suri dan akhirnya dihidupkan kembali oleh Toyota sejak tahun lalu. Di Indonesia, model tersebut baru saja meluncur dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang dengan kisaran harga Rp 2 miliar.

Model tersebut dikembangkan bersama-sama dengan BMW Z4. Sistem penggeraknya mengandalkan mesin bensin 3.0-liter turbocharged inline-six B58 dari sang pabrikan Jerman tersebut.

Lebih lanjut, Art Bartosik, Pemilik EAG, mengungkapkan bahwa mereka tidak cuma mereka akan memamerkan Supra bertransmisi manual pertama di dunia hasil kreasi mereka dalam SEMA Show di Las Vegas, Amerika Serikat pada November mendatang. Bartosik mempersilakan para orang kaya yang ingin mempunyai Supra dengan sensasi memindahkan tuas gigi.

Tentu saja, uang yang mesti dibayarkan tak murah. EAG menjelaskan bahwa biaya mengonversi Supra dari transmisi otomatis ke manual adalah sekitar 12 ribu dollar AS (Rp 171,05 juta).

Namun, hasilnya sudah pasti tidak sembarangan. Selain karena reputasi kemampuan EAG, komponen-komponen yang mereka gunakan pun adalah suku cadang asli yang digunakan oleh BMW.

EAG tak hanya akan mengganti transmisi. Mereka bakal bekerja sama dengan perusahaan Kanada ProTuning Freaks untuk meningkatkan tenaga dari standarnya yang 335 hp menjadi 420-430 hp.

Tentu saja, modifikasi berat yang dilakukan membuat garansi resmi dari pabrikan hangus. EAG memikirkan ini dan berencana memberikan garansi empat tahun atau 50 ribu km dari mereka sebagai gantinya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support