Toyota Celica, Mantan Jawara Rally ini Kembali Diisukan Segera Reborn

Berita Otomotif

Toyota Celica, Mantan Jawara Rally ini Kembali Diisukan Segera Reborn

TOKYO - Toyota Celica kembali diisukan akan segera diproduksi oleh Toyota, reborn seperti apa yang terjadi pada Supra. Dari manakah kabar angin ini berhembus?.

Selain Supra, Toyota punya satu legenda mobil sport yang sampai kini masih ditunggu kehadiran generasi terbarunya oleh para penggemar yakni Toyota Celica. Sport coupe legendaris ini pertama kali diperkenalkan pada Oktober 1970 dan cukup populer di pasar Amerika Serikat, Jepang, Eropa juga Australia.

Celica sendiri kemudian terkenal sebagai legenda di ajang World Rally Championship. Dimulai sejak 2 tahun setelah kemunculan generasi pertama yakni 1972 sampai di masa-masa keemasannya saat menjuarai Safari Rally 1995.

Dalam evolusinya, mobil rally ini turun dengan penggerak roda belakang sejak 1972 sampai 1986. Selanjutnya dari 1988 sampai 1997, lewat Celica GT-Four baru menggunakan penggerak 4WD dan khusus untuk kebutuhan WRC didevelop langsung oleh Toyota Team Europe di Koln, Jerman.

Setelah 36 tahun dengan 7 generasi, Celica akhirnya dihentikan produksinya pada 2006. Dan kemudian Toyota menggantikannya dengan sport kompak Toyota 86 yang diperkenalkan 6 tahun setelahnya yakni 2012.

Berita kemuculan kembali mobil ini sejatinya telah beredar pada 2017. Para penggemar punya harapan besar ketika Toyota mengajukan merek dagangn Celica ke U.S. Patent and Trademark Office (USPTO). 

Toyota celica reborn

Namun setelah sekitar 5 tahun berlalu, masih belum ada tanda-tanda Celica akan diproduksi kembali oleh Toyota. Sampai pada 15 Januari 2021 lalu, kabarnya Toyota kembali mengajukan merek dagang Celica kepada USPTO untuk automobiles and structural parts thereof atau mobil dan bagian strukturalnya.

Ada 2 spekulasi kenapa Toyota sampai 2 kali dari kurun waktu 5 tahun mendaftarkan merek dagang Celica. Pertama tentu untuk mempertahan dan melindungi nama besar Celica. Kedua Toyota akan segera menggunakannya pada produk terbaru. Apakah itu berupa mobil sport terbaru atau hanya untuk edisi khusus belum diketahui secara pasti.

Pertanyaan selanjutnya, jika Toyota benar-benar akan memproduksi Celica, platform apa yang akan digunakan?. Seperti halnya memproduksi Supra yang melakukan sharing platfrom dengan BMW Z4, bisa jadi Toyota kembali melakukan kerjasama dengan pabrikan lain. Hal ini cukup visibel terlebih dalam hal penghematan biaya.

Atau mungkin juga mereka memilih menggunakan platform Toyota lainnya yang telah diproduksi. Seperti menggunakan chasis Corolla dan memodifikasi tampilan eksterior dengan bentuk coupe di atasnya.

Semetara untuk bagian mesin  dan sistem penggerak tentu memiliki banyak pilihan. Mesin turbo berkapasitas kompak plus penggerak all-wheeldrive harusnya jadi pilihan utama. 

Serta terakhir jangan pernah berpikir Celica akan hadir dengan penggerak motor listrik. Karena tidak sejalan dengan pemikiran sang boss Akio Toyoda yang disampaikannya beberapa waktu lalu. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar