Toyota Berencana Luncurkan 9 - 10 Mobil Baru Tahun Depan

Berita Otomotif

Toyota Berencana Luncurkan 9 - 10 Mobil Baru Tahun Depan

JAKARTA – Toyota masih sama agresifnya soal peluncuran mobil baru di Indonesia pada 2020, jika dibandingkan dengan tahun ini. Ada model-model yang disegarkan, tapi ada juga model yang benar-benar baru masuk ke Tanah Air.

Pada 2019, Toyota merilis sembilan model baru. Sebenarnya, rencana mereka adalah 10 model, tapi pengenalan model terakhir yakni Prius PHEV diundur menjadi awal 2020.

“(Tahun depan jumlah peluncuran) sekitar itu juga,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela Toyota Year End Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Beberapa di antaranya sudah Toyota ungkap. Pertama, yang sudah benar-benar jelas, adalah Prius PHEV.

Ada pula model hybrid biasa yang masih dirahasiakan. Selain itu, Toyota mempelajari kemungkinan menjual mobil listrik murni di Nusantara pada 2020, meski insentif bagi mobil hybrid plus mobil listrik baru mulai berlaku pada 2021.

Toyota memang sudah menyatakan bakal memanfaatkan insentif mobil ‘hijau’ dari pemerintah kelak. Sebelum itu, mereka sudah meluncurkan mobil-mobil berbahan bakar alternatif sebagai bagian dari usaha mempopulerkannya serta mengedukasi masyarakat.

Pada 2019 mereka mulai agresif menerjunkan mobil hybrid anyar yakni All-New Camry, C-HR, All-New Corolla. Ada pula Alphard hybrid yang cukup lama belum mendapatkan penyegaran.

Pabrikan terbesar sejagad asal Jepang ini sudah membeberkan fokus mereka pada sektor hybrid di Indonesia. Malahan, mereka akan merilis mobil hybrid murah di masa mendatang.

Pemerintah ingin menciptakan pasar dan industri mobil listrik di Tanah Air pada jangka menengah. Pada 2025, regulator menargetkan 20 persen kendaraan yang diproduksi lokal adalah mobil hybrid atau listrik, berkat insentif yang diberikan.

Model yang Belum Dijual
Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM, menjelaskan bahwa selain mobil-mobil hybrid maupun listrik mereka juga siap memperkenalkan model baru bermesin konvensional tahun depan. Tentu saja, rinciannya masih ditutup rapat-rapat.

“Selain mobil terelektrifikasi, kami akan memperkenalkan model baru tahun depan berdasarkan riset dan studi,” tandasnya.

Anton memperjelas keterangan Henry bahwa model-model baru Toyota tahun depan tak hanya berupa penyegaran dari yang sudah ada. Ada yang benar-benar baru.

“Campur-campur, lah,” tukas dia singkat. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar