Toyota Sudah Lepas 5 Model Baru di Indonesia dan Belum akan Berhenti

Berita Otomotif

Toyota Sudah Lepas 5 Model Baru di Indonesia dan Belum akan Berhenti

JAKARTA – Toyota, sejak Januari hingga awal Agustus 2020, sudah meluncurkan lima model baru. Jumlah tersebut masih akan bertambah.

Corolla Cross menjadi model baru kelima, yang diperkenalkan secara virtual lewat YouTube pada Kamis (6/8/2020). Ada dua tipe yang dipasarkan yaitu mesin bensin 1.8-liter dan mesin hybrid. Adapun harga on-the-road Jakarta masing-masing adalah Rp 457,8 juta serta Rp 497,8 juta.

“Pergerakan produk kami enggak cuma ini. Masih ada lagi. Kami juga menyiapkan informasi tambahan yang nanti kami beritahukan. Akan ada lagi yang membuat pasar bergerak,” beber Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) dalam konferensi pers pascapeluncuran melalui aplikasi Zoom.

Tidak dijelaskan, ada berapa lagi model baru yang Toyota siapkan untuk Nusantara tahun ini. Bocoran mengenai apa saja modelnya pun tidak ada.

Merek terpopuler di Indonesia ini sendiri, sejak akhir 2019, sudah mengutarakan niat meluncurkan mobil listrik murni pada 2020. Rencana tersebut belum terealisasi sampai sekarang.

Serangan model baru Toyota di Tanah Air pada tahun bershio tikus logam ini dimulai dari versi minor change dari Alphard dan Vellfire pada Februari silam, lewat informasi kepada media massa via keterangan tertulis. Model baru ketiga adalah Prius PHEV pada Maret, juga via pernyataan pers karena masuknya pandemi virus Corona (Covid-19) mulai bulan tersebut.

Masih pada bulan yang sama, Toyota mengintroduksi model baru keempat, Agya Facelift, berbarengan dengan ‘saudara kembarnya’ Daihatsu Ayla Facelift. Peluncuran dilakukan secara virtual melalui akun YouTube resmi Toyota Indonesia.

Anton optimistis pasar mobil di kuartal ketiga akan terus membaik dan, setelah hancur-hancuran pada kuartal kedua sebagai efek dari pandemi. Toyota menurutnya perlu merilis produk baru untuk merangsang pasar.

Pandemi membuat penjualan mobil pada semester satu 2020 kemarin berdasarkan data Gaikindo turun 46 persen year on year menjadi cuma 260 ribu-an unit secara wholesales. Secara retail, penurunan mencapai 42 persen menjadi hanya 290 ribu-an.

“Pasar akan memulih, karena pada Juni penjualan retail 29.900 unit. Sudah lebih tinggi dari April. Pada Juli, angka dari Gaikindo memang belum keluar. Cuma, berdasarkan pantauan Toyota dan bocoran-bocoran di lapangan, pasar akan lebih tinggi lagi walau pertumbuhannya enggak sedrastis Mei ke Juni yang mencapai 70 persen,” tegas dia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar