Selain PHEV, Toyota juga akan Luncurkan Mobil Hybrid Tahun Depan

Berita Otomotif

Selain PHEV, Toyota juga akan Luncurkan Mobil Hybrid Tahun Depan

JAKARTA – Selain mobil PHEV, Toyota pun menyiapkan model hybrid baru untuk pasar Indonesia tahun depan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Toyota memastikan peluncuran Prius PHEV di Tanah Air pada awal 2020. Bukan itu saja mobil 'hijau' yang siap mengaspal di pasar otomotif Nusantara pada tahun yang baru.

“Tahun depan akan ada line up baru lagi untuk hybrid,” ucap Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), dalam Toyota Year End Gathering, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sekadar menginformasikan, PHEV masih ‘satu keluarga’ dengan hybrid, tapi punya kemampuan lebih mendekati mobil listrik murni. PHEV masih tetap memadukan mesin konvensional dengan motor plus baterai listrik, tapi kapasitas baterainya lebih besar dan dayanya sudah bisa diisi dari sumber eksternal, bukan hanya disuplai oleh mesin seperti hybrid biasa.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM, mengatakan dirinya tidak bisa menyebut identitas calon mobil hybrid anyar yang dimaksud Henry. Ia juga menolak memberitahu apakah model itu adalah versi penyegaran dari model yang sudah ada saat ini atau merupakan tambahan.

“Sabar, nanti diinfokan,” tukas dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela acara yang sama.

Toyota sendiri mulai agresif di sektor hybrid di Indonesia pada 2019. Mereka menyegarkan varian Camry hybrid yang sudah dijual di Indonesia dengan generasi terbarunya, memperkaya pilihan dengan C-HR hybrid, juga menambah varian hybrid pada Corolla.

Secara total, ada empat model hybrid yang sudah mereka tawarkan di Nusantara. Satu lainnya ialah Alphard yang sudah cukup lama tidak mendapatkan penyegaran.

Agresivitas Toyota tak lepas dari keinginan pemerintah menciptakan pasar mobil hybrid dan mobil listrik murni melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 maupun Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019. Regulasi-regulasi ini berisi beragam insentif yang mulai berlaku pada 2021.

Toyota bergerak merilis beragam model sebelum itu sebagai langkah edukasi kepada konsumen. Mereka telah membeberkan rencana merilis mobil hybrid murah pada masa depan, dengan memanfaatkan insentif dari pemerintah. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar