Toyota Belum Cukup Punya 9 Model Baru Tahun Ini, bakal Ada Lagi

Berita Otomotif

Toyota Belum Cukup Punya 9 Model Baru Tahun Ini, bakal Ada Lagi

JAKARTA – Terjangan pandemi virus Corona (Covid-19) tampaknya belum cukup untuk memukul mundur rencana peluncuran model baru Toyota di Indonesia pada 2020. Setelah melepas model baru kesembilan yaitu Yaris facelift, Toyota menegaskan masih ada lagi peluncuran berikutnya sebelum tutup tahun.

Ketika melepas model baru kelima yakni Corolla Cross pada 6 Agustus kemarin, Toyota sebenarnya sudah mengatakan ‘pergerakan’ produk anyar mereka belum selesai. Siapa sangka, seusai melepas model baru kesembilan pada Selasa (8/9/2020), mereka masih menegaskan bahwa tak berapa lama lagi ada peluncuran model baru lainnya.

“Di penghujung video (peluncuran virtual Yaris facelift) itu ada suatu tulisan. Bunyinya ‘See You Soon in Another Launching’. Itu bisa dikutip dan di-screenshoot juga karena tak bisa dihapus. Sudah keburu ditayangkan. Itu semacam bocoran kasar dari kami, lah,” tegas Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor dalam konferensi pers pascaintroduksi Yaris facelift via Zoom.

Sayangnya, Anton tidak berkomentar lagi mengenai topik tersebut setelah itu. Jadi, identitas calon model baru ke-10 Toyota di Nusantara pada 2020 masih belum terkonfirmasi.

Sekadar mengingatkan, pandemi Corona diketahui masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020. Ketika itu, Toyota telah ‘menerjunkan’ dua model baru yakni Alphard plus Vellfire versi minor change. Keduanya dirilis pada Februari via pernyataan pers.

Pada Maretnya, hadir Prius PHEV yang diperkenalkan via keterangan tertulis pula. Akan tetapi, mobil ramah lingkungan yang pernah dijajal Mobil123.com ini belum dijual bebas karena baru untuk armada taksi.

Masih pada bulan ketiga 2020, hadir lagi Agya facelift yang diluncurkan via YouTube. Jeda lima bulan setelah itu, Corolla Cross muncul.


Sepanjang Agustus hingga awal September, salah satu merek mobil terpopuler di dunia itu lalu bergerak dengan amat agresif. Empat model anyar mereka lepas ke pasar otomotif nasional.

Toyota secara berturut-turut memperkenal Kijang Innova TRD Sportivo, Sienta Welcab, Hilux facelift, dan tentu saja Yaris facelift baik melalui pernyataan pers maupun peluncuran virtual.


“Saya rasa ini juga salah satu upaya kami menstimulasi pasar atau animo konsumen terhadap produk-produk otomotif karena pasar di masa pandemi, kan, turun cukup banyak dibandingkan besaran pasar biasanya. Walau belum kembali ke normal, sudah ada tanda-tanda positif sejak Juni. Dari Juni ke Juli ada kenaikan pasar. Dari Juli ke Agustus pun, berdasarkan data tentatif yang kami terima dari Gaikindo, ada peningkatan,” papar Anton mengenai agresivitas produk baru tahun ini. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar