Toyota Prius PHEV Dipastikan Meluncur di Indonesia Awal 2020

Berita Otomotif

Toyota Prius PHEV Dipastikan Meluncur di Indonesia Awal 2020

JAKARTA – Peluncuran Toyota Prius PHEV akhirnya dipastikan tahun depan setelah sempat tertunda beberapa waktu lalu.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), mengungkapkan bahwa pihaknya akan merilis model berteknologi plug-in hybrid (PHEV) pada 2020. Identitas model tersebut sudah pernah ditulis di media massa.

“Untuk PHEV, kami juga akan perkenalkan segera di awal tahun. Sudah tahu lah, ya, sudah ada yang menulis soal itu,” ucapnya dalam Toyota Year End Gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Satu-satunya model PHEV Toyota yang terkonfirmasi akan meluncur di Indonesia adalah Prius PHEV dengan harga di bawah Rp 1 miliar. Mobil123.com sebelumnya memberitakan sedan ini sebenarnya ingin diterjunkan ke pasar otomotif Tanah Air pada akhir 2019, namun akhirnya tertunda hingga 2020.

Anton Jimmi Suwandy, yang juga menghadiri Toyota Year End Gathering, mengakui bahwa yang Henry maksud adalah Prius PHEV. Akan tetapi, ia belum bisa membeberkan detail waktu peluncurannya tahun depan.

Menurut Anton, saat ini TAM sebagai agen pemegang merek di Nusantara tinggal menjalani proses uji tipe atau homologasi. Setelah proses ini rampung, Prius PHEV pun siap diperkenalkan kepada publik.

“Belum bisa kami pastikan (waktu peluncuran) karena tergantung dari persyaratan uji tipe. Kalau nanti dari TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor) dan lain-lainnya selesai, pada saat itu juga kami akan meluncurkannya. Jadi, sekarang tergantung pada hal itu saja, sih,” paparnya meladeni pertanyaan Mobil123.com.

Prius PHEV sudah dibawa sebagai mobil eksebisi dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pada akhir Juli di Serpong, Tangerang. Model ini sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) yang menjanjikan kesenangan berkendara lebih, dan memadukan antara mesin konvensional dengan baterai listrik yang bisa diisi dari sumber eksternal.

Konsumsi BBM-nya cukup gila. Dalam test drive massal mobil hybrid yang diadakan Toyota sepanjang Banyuwangi – Bali, efisiensi BBM mencapai di atas 50 km/liter, bahkan sempat melebihi 70 km/liter.

Prius PHEV akan menjadi mobil PHEV pertama Toyota di Indonesia. Sebelumnya, Toyota hanya memiliki mobil hybrid yakni Camry, Corolla, C-HR, Alphard. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar