Toyota Avanza Menjadi Trendsetter Fitur Keselamatan LMPV

Panduan Pembeli

Toyota Avanza Menjadi Trendsetter Fitur Keselamatan LMPV

JAKARTA – Toyota Avanza telah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan yang membuat penggunanya merasa lebih aman.

Salah satu fitur keselamatan yang merupakan terobosan adalah hadirnya 3-point seatbelt di semua tempat duduk baik untuk pengemudi maupun penumpang, dimana Toyota Avanza menjadi mobil yang pertama di kelasnya untuk menerapkan sistem keselamatan ini.

Selain 3-point seatbelt, Toyota Avanza juga merupakan kendaraan pertama di kelasnya di Indonesia yang memberikan headrest terpisah untuk penumpang tengah. Fitur ini pun menjelma menjadi salah satu acuan keselamatan kendaraan di Indonesia.

Umumnya warning seatbelt hanya untuk pengemudi, namun tidak untuk Toyota Avanza. Mobil sejuta umat ini juga sudah melengkapi warning untuk seatbelt penumpang. Lagi-lagi, Toyota Avanza menjadi mobil pertama di kelasnya yang menerapkan hal ini.

Fitur keselamatan lain adalah power window dengan jam protection pada sisi pengemudi. Dengan ini maka pengemudi tidak akan terjepit karena jendela otomatis akan berhenti bergerak bila ada benda yang menghalangi jendela menutup. Toyota Avanza pun menjadi model LMPV pertama di yang menggunakan fitur keselamatan ini.

Biasanya, fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) hanya disematkan pada model-model teratas, namun di Toyota Avanza fitur tersebut sudah disematkan di semua tipe. Demikian pula side impact beam yang berfungsi untuk mengurangi resiko saat terjadi tabrakan samping serta ISOFIX dan top tether anchor yang cocok dengan child seats. Fitur lain yang menjadi andalan adalah hadirnya wireless key dengan immobilizer sehingga membuat keamanan kendaraan menjadi lebih terjamin.

Kombinasi seluruh fitur keselamatan ini pun menjadikan Toyota Avanza sebagai salah satu mobil teraman di segmen LMPV. Hal ini dibuktikan dengan hasil ASEAN NCAP yang memberikan empat bintang untuk keselamatan para penumpang.

Pengujian ini dilakukan pada bulan Juli 2013 dengan menggunakan Toyota Avanza 1.3 E M/T. Dalam crash test yang dilakukan, baik penumpang depan maupun penumpang belakang dinilai masih dalam keadaan selamat meski mobil ditabrakkan dalam kecepatan sekitar 60 km/jam.

Dengan hasil tersebut maka tidak berlebihan bila menilai bahwa Toyota Avanza adalah salah satu trendsetter LMPV aman di Indonesia. ##



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual