New Toyota Avanza Sedang Dikembangkan oleh Perusahaan Baru

Berita Otomotif

New Toyota Avanza Sedang Dikembangkan oleh Perusahaan Baru

TANGERANG – Toyota Avanza terbaru dalam proses pengembangan dan menjadi satu dari sekian banyak model yang sedang dipikirkan oleh perusahaan virtual gabungan Toyota – Daihatsu bernama Emerging-market Compact Car Company (ECCC).

Fransiskus Soerjopranoto, Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa ECCC, selain menggodok rencana membuat mobil murah tujuh penumpang baru di Indonesia, juga akan memetakan semua produk Toyota – Daihatsu terkini di segmen terjangkau. Avanza merupakan salah satu di antaranya.

“Mereka akan memetakan semua produk yang ada di segmen bawah sampai menengah. Seperti namanya yaitu mobil-mobil compact untuk negara berkembang. Jadi, kelas di bawah Avanza, kelasnya Avanza, sampai sedikit di atas Avanza akan dibidik oleh ECCC,” ungkap Soerjonoto meladeni pertanyaan Mobil123.com.

Sebagai informasi, ECCC dibuat pascaakuisisi penuh Daihatsu oleh Toyota pada 2017. Dengan perusahaan virtual ini, Toyota – Daihatsu ingin memaksimalkan sumber daya untuk mempenetrasi pasar negara-negara terjangkau dengan mobil compact.

“Kami (Toyota) sudah memikirkan soal Avanza. Tapi, dengan munculnya ECCC, kami harus berkoordinasi dengan mereka juga,” tandas Soerjopranoto lagi.

Kapan versi major change Avanza hadir dan bagaimana rupanya kelak memang sedang dinanti. Pasalnya, persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) semakin kejam sejak kehadiran Mitsubishi Xpander pada Agustus 2017 plus Wuling Confero.

Avanza, di sisi lain, masih bertahan dengan generasi keduanya sejak 2011. Adapun kemunculan perdana pionir di segmen LMPV ini terjadi pada 2004.

Avanza generasi anyar makin ditunggu setelah Mitsubishi menambah lagi rentang varian Xpander dari enam menjadi delapan pada Agustus kemarin. Selain itu, Wuling pun terindikasi bakal meluncurkan Confero facelift pada 2019.

Penjualan Avanza pada semester satu 2018 sendiri, menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai 39.455 unit dan berada pada posisi kedua di bawah Xpander. Distribusi Avanza sendiri turun 36,99 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dengan  volume 62.615 unit. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar